STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta Wisuda 153 Sarjana

Foto : STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta Wisuda 153 Sarjana

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR KHEZ Muttaqien Purwakarta di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) menggelar sidang senat terbuka tahun akademik 2018/2019, di aula Riung Graha Ballroom Plaza Hotel, Minggu (16/12/2018).

Salah satu perguruan tinggi swasta di Purwakarta ini, kembali mencetak sarjana-sarjana baru dari berbagai latar belakang keilmuan. Adapun para sarjana yang hari ini diwisuda, jumlahnya mencapai 153 wisudawan wisudawati.

Ketua Pelaksana Sidang Senat YPI DR Khez Muttaqien Purwakarta, Rohendi menuturkan, dari 153 mahasiswa yang diwisuda hari ini, masing-masing dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 112 orang.

Kemudian, lanjut dia, dari program studi Ahwal As Syakhsiyyah (AS), sebanyak 15 orang. Lalu, dari program studi Ekonomi Syariah (ES) sebanyak 8 orang. Serta, dari program studi STT sebanyak 18 orang.

Baca Juga  Purwanto: Tak Ada Penutupan Satap di Purwakarta

“Untuk sidang Senat STAI, ini merupakan angkatan ke-XXVI. Sedangkan, untuk STT itu angkatan ke-XI. Total mahasiswa yang saat ini diwisuda, sebanyak 153 wisudawan dari berbagai keilmuan,” ujar Rohendi di lokasi acara.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Pembina YPI DR KHEZ Muttaqien, Prof Dr. Sanusi Uwes, mengaku cukup berbangga hati, karna selama berdiri sejak 1987, perguruan tinggi ini telah mencetak ribuan sarjana. Serta, ratusan sarjana lulusan terbaik.

“Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami. Karena, ternyata perguruan tinggi di perkampungan Purwakarta, juga bisa berdaya saing dengan perguruan tinggi swasta lainnya,” ujar Sanusi dalam sambutannya.

Baca Juga  Ruang Publik Purwakarta Wisata Edukatif Sejarah Sunda

Dalam kesempatan itu, dirinya juga turut berpesan kepada para wisudawan yang hadir supaya tetap amanah dengan titel barunya. Dia berharap, ilmu yang didapat selama kuliah bisa bermanfaat untuk kemaslahatan ummat.

Ditempat sama, Ketua YPI DR Khez Muttaqien, Dr Manpan Drajat menambahkan, elama ini ada tiga Sekolah Tinggi (ST) yang ada di bawah naungan YPI Dr Khez Muttaqien. Masing-masing STAI, STT dan STIE. Saat ini, pihaknya tengah mendorong supaya tiga ST tersebut bisa menjadi satu dalam wadah Universitas.

“Ini keinginan kami sejak lama. Supaya, YPI Muttaqien ini statusnya bisa menjadi sebuah universitas. Inysa Allah saat ini sedang on proses,” jelas dia.

Dia menjelaskan, seluruh tahapan yang berkaitan dengan keinginan tersebut sudah dilakukan. Saat ini, prosesnya sudah 75 persen. Pihaknya berharap, YPI Muttaqien bisa naik status menjadi Universitas di 2019 mendatang.

Baca Juga  SMAN 1 Jatiluhur Siap Hadapi UNBK

“Tinggal syarat administrasi saja. Salah satunya, menunggu rekomendasi dari Kopertais. Ini (prosesnya) sedang berjalan. Termasuk, mengusulkan ke kementerian. Mohon doanya saja, semoga di 2019 mendatang, YPI bisa menjadi universitas,” harap dai

Sementara itu, pantauan INILAH di lokasi, kegiatan ini juga turut dihadiri unsur Muspida di wilayah itu. Serta, sejumlah pengurus Kordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah II Jabar dan Banten.

Di lokasi acara, juga terlihat ratusan orang tua dan sanak saudara dari para wisudawan. Tergambar raut kegembiraan dari wajah mereka, menyaksikan anak-anaknya lulus kuliah sesuai rencana.(eka)