Pemuda Berperan Sentral Mengawal Kemajuan Demokrasi

Foto : Ahmad Arif Imamulhaq, bersama kelompok pemuda.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Purwakarta tengah berlangsung. Pilkada merupakan salah satu implementasi dari demokrasi,  dimana kedaulatan sepenuhnya ada di tangan rakyat. 

Oleh karena itu, pilkada tanpa melibatkan rakyat sama saja mencederai demokrasi sekaligus mengabaikan hak-hak konstitusi rakyat.

Generasi muda sebagai bagian dari komponen bangsa, semestinya mengambil peran strategis dan menjadi garda terdepan sebagai pelaku ataupun pengawal terpenuhinya kedaulatan rakyat dalam kontestasi pilkada. 

Baca Juga  Tok! Tahapan Pilkades Serentak di Purwakarta Dimulai

“Generasi muda hendaknya tidak berpangku tangan, menonton dan menunggu hasil pilkada,” ujar Tokoh Masyarakat Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq, Jumat (12/1/2018).

Arif yang merupakan Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menilai, generasi muda sejatinya dapat belajar dalam proses demokrasi dalam pilkada ini.

“Agar kualitasnya menjadi lebih baik di masa yang akan datang, paralel dengan upaya seluruh elemen bangsa dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia,” tutup Arif.

Baca Juga  Traffic Light Ciganea Susah Diperbaiki Karena Persoalan Ini

EDITOR : DICKY ZULKIFLY