TMMD Bantu Kehidupan Masyarakat Desa di Purwakarta Lebih Efektif Efisien

PURWAKARTA, headlinejabar.com

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0619/Purwakarta memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antar dua kecamatan. TMMD disambut baik oleh kalangan masyarakat.

Akses jalan sangat dibutuhkan karena  dapat memudahkan masyarakat pengguna jalan dapat mempersingkat waktu perjalanan. Yang pada awalnya harus memutar dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

“Jika jalan tersebut selesai waktu tempuh dari Desa Mekar Jaya Kecamatan Cibatu ke Desa Margaluyu Kecamatan Kiara Pedes hanya memnutuhkan waktu sekitar 60 menit,” ujar Bhabinsa Margaluyu Serda Carwita, Rabu (20/9/2017).

Baca Juga  Pengamat Minta Anggaran DPRD Depok Diaudit

Danramil Wanayasa Kapten Arm Wahyu Widodo menambahkan, TMMD ke-100 ini diproyeksikan dapat menjawab kebutuhan masyarakat, dimana program tersebut merupakan impian masyarakat.

Salah satu program TMMD yang diimpikan masyarkat adalah pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Mekar jaya Kecamatan Cibatu – Desa Margaluyu Kecamatan Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta.

“Program tersebut tidak akan berjalan mulus tanpa adanya dukungan serta batuan masyarakat, maka dari itu Kodim 0619/Purwakarta melalui komunikasi sosial dengan aparat pemerintah desa kita pelihara sinergitas guna membangun masyarakat Indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” tambah Danramil.

Baca Juga  Jasa Tirta II Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Pasiter Kapten Arm Amarudin menjelaskan, apa yang dibutuhkan masyarakat, TNI siap membantu. “Jadi tujuan TMMD ini adalah untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam pembangunan,” jelas kapten.

Kegiatan TMMD kali ini dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. Dulu kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu tahun, karena banyak masyarakat yang menginginkan TMMD dilanjutkan dan hasilnya pun sangat memuaskan maka TNI menambah menjadi tiga kali dalam satu tahun

Baca Juga  Tekan Angka Stunting, Pemkab Purwakarta Kukuhkan Ribuan Duta Penurunan Stunting

“Kita mengajak kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjaga apa yang telah dibangun oleh TNI bersama masyarakat nantinya melalui kegiatan TMMD ini,” lanjut dia.

Sehingga apa yang sudah dikerjakan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Indonesia ini sebagian besarnya adalah wilayah pedesaan, jadi sudah seharusnya TNI bersama-sama masyarakat untuk membangun desa-desa yang terpencil untuk mempermudah berbagai akses di masyarakat,” tutup Pasiter.