Dinkes Purwakarta Jamin Balita dan Anak Terhindar Campak dan Rubela

Foto : Imunisasi Nasional Campak dan Rubela ini dilaksanakan mulai hari ini hingga akhir September 2017 mendatang.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menjamin bayi cakupan 9 bulan dan anak 15 tahun terhindar dari serangan campak dan rubela. Upayanya dengan dilakukan gerakan pekan imunisasi serentak yang digelar mulai hari di dua kecamatan di Purwakarta.

Kepala Dinkes Purwakarta dr Anne H Koesoemah mengatakan, Imunisasi Nasional Campak dan Rubela ini dilaksanakan mulai hari ini hingga akhir September 2017 mendatang.

Baca Juga  Purwakarta Tetapkan Sanksi Tegas bagi Siswa Bawa Kendaraan Bermotor ke Sekolah

“Hari ini baru dua kecamatan yang melaksanakan imunisasi. Kita tidak dapat menyelesaikan seluruhnya karena para petugas yang terbatas,” ujarnya.

Diungkapkan, kasus Campak dan Rubela di Purwakarta, sejauh ini masih dapat ditangani. Lembaganya, lanjut Anne, belum mendapat laporan adanya kematian yang diakibatkan oleh Campak dan Rubela.

Dijelaskan, pada Imunisasi Nasional ini seluruh cakupan usia 9 bulan hingga 15 tahun diwajibkan mendapat Imunisasi campak serta Rubela. “Karena, Campak serta Rubela ini dapat menimbulkan cacat dan terburuk meninggal dunia,” terang dia.

Baca Juga  Hebat, Purwakarta Raih Penghargaan Sejuta Akseptor KB

Tahap awal, sebut Anne, petugas dinkes hari ini mendatangi seluruh sekolah untuk melaksanakan imunisasi masal yang berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Jatiluhur dan Kecamatan Purwakarta.

Ada sekitar 261.796 anak di Purwakarta cakupan usia 9 bulan hingga 15 tahun di imunisasi Campak dan Rubela terbagi menjadi 3 sasaran usia. Di antaranya sasaran usia 9 bulan-7 tahun sebanyak 99.376 anak. Usia 7 tahun hingga 13 tahun sebanyak 103.933 anak dan usia 13 hingga 15 tahun sebanyak 58.487 anak.

Baca Juga  Bupati Purwakarta Tegaskan TNI Manunggal Masuk Desa Miliki Spirit Nawa Cita

EDITOR : DICKY ZULKIFLY