Masyarakat Mampu Bersaing Lapangan Kerja

JAKARTAheadlinejabar.com

Dalam menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), serikat pekerja serikat buruh diminta bekerja sama dengan pemerintah dan asosoasi penguasaha untuk meningkatkan produktifitas dan keterampilan kerja para anggotanya.

“Dalam persangian global saat ini keberadaan Serikat Pekerja juga mempunyai fungsi mengembangkan keterampilan dan keahlian anggotanya agar kesejahteraan buruh meningkat agar kesejahteraan buruh meningkat dan ikut memajukan perusahaan,” kata Dirjen PHI dan JamSos Haiyani Rumondang.

Baca Juga  Wapres Ingin Seluruh Pihak Dorong Universal Coverage Jamsostek

Dia mengingatkan dalam merumuskan melakanakan program organisasi Serikat Buruh di Indonesia perlu mengingat kembali tujuan dasar pendirian Serikat Pekerja,federasi dan Konfederasi yakni memberikan perlindungan pembelaan hak dam kepentingan dan meningkatkan kesejahteraan.

Berdasarkan data yang ada pada Kementerian Ketenagakerjaan,saat ini terdapat 11/Konfederasi SP/SB,111 Federasi SP/SB,7.294 SP/SB dengan jumlah anggota 2.717.961Pekerja / Buruh.

Baca Juga  M Naufal Mahardika Raih Emas SEASA 2015

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Asosiasi Penguasaha Indonesia Hariyadi bahwa pekerja Indomesia sangat bisa bersaing namun lapangan kerja nya yang tidak ada.

“Kalau saya meyakini sangat bisa bersaing masalahnya lapangan kerjanya ga ada gitu loh mas, kami kan melakukan pemagangan itu kita lakukan, tapi setelah mereka mengikuti program pemagangan itu lapangan kerjanya dimana, tapi kalau bicara ketrampilan ya orang kita kan juga punya kepandaian,”ujar Ketum APINDO Hariyadi.

Baca Juga  Bupati Purwakarta Lantik 87 Kades Baru

REPORTER : YUSUF STEFANUS

EDITOR       : DICKY ZULKIFLY