Lewat Februari, Rastra Telat Didistribusikan

Foto : Ilustrasi.ISTIMEWA

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Memasuki pertengahan Maret 2017, beras sejahtera (rastra) telat didistribusikan. Biasanya, beras subsidi yang kesohor dengan istilah raskin ini, sudah terdistribusi di bulan Februari tiap tahunnya.

Rupanya, ketelatan distribusi rastra bukan hanya terjadi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, saja. Melainkan di seluruh daerah di Indonesia.

“Pagu kuota rastra untuk kecamatan dan desa dari Kemensos belum kami terima. Otomatis belum bisa didistrubusikan. Ini berkenaan dengan perubahan sistem SOTK yang baru,” kata Kabag Perekonomian pada Setda Purwakarta, Nina Aminah Bajri, Selasa (21/3/2017).

Baca Juga  Rumah Layak Huni untuk Warga jadi Prioritas Pemkab Purwakarta

Per tahun 2017 ini, pendistribusian rastra sifatnya tidak reguler. Ada sembilan kota madya di Jawa Barat sudah memberlakukan pendistribusian rasta melalui bantuan non tunai.

“Untuk kota madya sudah launching. Tinggal kabupaten yang belum. Karena kami belum menerima instruksi dari mensos,” kata Nina.

Nina menyampaikan, ketelatan distribusi rastra bukan disebabkan karena kelangkaan beras. “Beras cukup bukan karena langka. Tapi karena ada sistem SOTK baru,” tutup dia.

Baca Juga  Karawang Jadi Kabupaten Penyumbang Pekerja Migran Terbesar

EDITOR : DICKY ZULKIFLY