Banyak Faktor Bencana Alam Sukabumi

Foto : Ilustrasi.ISTIMEWA

SUKABUMI, headlinejabar.com

Akibat pengaruh tingginya intensitas curah hujan, sebagian wilayah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami bencana alam seperti tanah longsor dan banjir bandang yang menerjang ribuan warga.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, selain saat ini curah hujan sedang tinggi ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bencana alam terjadi.

Baca Juga  Santri Purwakarta Tetap Rayakan HSN di Tengah Guyuran Hujan Deras

“Pohon penangkal air di Kabpaten Sukabumi sangat sedikit jumlahnya. bahkan hutan kebanyakan nyaris gundul hingga tak mampu menahan air,” beber Marwan, baru-baru ini.

Selain itu, faktor lain diantaranya ada pendangkalan sungai sehingga saat hujan deras air meluap. Terlebih Kesadaran masyarakat disini juga sangat diperlukan dalam membuang sampah.

“Kalau sampah yang dibuang kecil gak masalah, tapi kalau seperti ranting pohon besar atau batang pisang yang dibuang kesungai dapat menghambat aliran sungai. Tentu saja air menjadi meluap parahnya sampai ke pemukiman,” tuturnya.

Baca Juga  Tinjau Dua Rumah Sakit di Kota Bandung, Ridwan Kamil: Ada Peningkatan, tapi Masih Relatif Terkendali

Musibah bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi seperti di Kecamatan Cidolog, Cibitung, Sagaranten, Curugkembar, Kalibunder, Ciracap Ciemas, Kalibunder  dan Tegal Buleud harus menjadi pelajaran bagi semua warga Sukabumi untuk lebih peduli mejaga lingkungan dan alam.

“Saya juga sudah meminta pihak Perhutani, untuk menanami kembali hutan gundul untuk penahan dan resapan air. Lahan yang kosong jangan dibiarkan tetapi harus ditanam pohon. Karena itu tugas Perhutani,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Buka Secara Resmi Sensus Ekonomi 2016 BPS di Purwakarta

Reporter : Riri Satiri
Editor : Dicky Zulkifly