Bandung Menuju Kota Sadar Hukum Melalui Kelompok Keluarga Sadar Hukum

BANDUNG, headlinejabar.com

Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum, Pemerintah Kota (Pemkot) Bamdung melalui Bagian Hukum dan HAM mengadakan kegiatan Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Kota Bandung tahun 2016.

Kegiatan dengan tema “Dalam Rangka Mewujudkan Kota Bandung yang Unggul Nyaman dan Sejahtera, Kita Budayakan Masyarakat Sadar Hukum” ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Yossi M Irianto di Gedung Serbaguna Lantai 3 Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (31/5/2016).

Mengawali kegiatan Kepala Bagian Hukum dan HAM, Bambang Suhari menyampaikan, dalam laporan panitia bahwa kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya di lingkungan keluarga.

“Diharapakan dengan rutin diadakan lomba seperti ini akan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam menghayati hak serta kewajibannya sebagai warga negara,” jelas Bambang.

Baca Juga  Desa Bunder dan Mekargalih Punya Produk Sabun

Selain itu dirinya berharap dengan adanya lomba ini akan muncul kelompok keluarga sadar hukum yang dapat menjadi contoh bagi kalangan masyarakat lainnya.

“Dengan adanya lomba ini akan di peroleh kelompok keluarga sadar hukum yang nantinya bisa mewakili Kota Bandung di lomba sadar hukum tingkat provinsi,” tegasnya.

Dari semua kelurahan yang mengikuti lomba, ini merupakan hasil penjaringan dan seleksi atas kelurahan-kelurahan sadar hukum di Kota Bandung.

“Dari 60 kelurahan sadar hukum di Kora Bandung, kami seleksi dan saring hingga menjadi 1 kelurahan dah diharapka dari lomba hari ini akan diperoleh juara kelurahan sadar hukum yang akan mewakili Kota Bandung di tingkat provinsi,” tutup Bambang.

Baca Juga  Gagal Paham Pembangunan Sebabkan Banjir di Jawa Barat

Sekda Yossi M Irianto menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi dengan diadakannnya kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini sudah pasti akan membantu meningkatkan serta menunjang berkembangan budaya hukum di masyarakat sehingga akan terbangun supremasi hukum khususnya bagi masyarakat Kota Bandung,” jelas Yossi.

Yossi juga menambahkan dalam meningkatkan nilai nila kesadaran hukum maka perlu jug dilakukan pembinaan yang berkesinambunga sehingga nantinya kesadaean hukum akan menjadi sebuah budaya di kalangan masyarakat.

“Lomba lomba atau kegiatan pengenalan hukum seperti inilah yang nantinya akan menjadi sebuah pembinaan berkesinambungan bagi kalangan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang undangan dan implementasi atas hukum sebagai budaya dalam bermasyarakat,” jelasnya.

Baca Juga  Bupati Purwakarta Fokus Pencegahan Stunting

Mengakhiri sambutannya sekaligus membuka Kegiatan Lomba Keluarga Sadae Hukum Tingkat Kota Bandung Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi M Irianto menegaskan bahwa dirinya sangat berharap besar  kegiatan ini dapat menjadi suatu awal bagi keberlangsungan pembinaan hukum bagi masyarakat dan keluarga khususnya.

“Diharapkan kegiatan ini dapat terus menjadi ajang pembinaan bagi masyarakat sehingga budaya sadar hukum menjadi suatu azas masyarakat dalam bersosialisasi dengan sesamanya demi menuju Kota Bandung yang unggul  nyaman dan sejahtera dan menjadi Juara,” pungkas Yossi.(*)


Editor : Dicky Zulkifly