Purwakarta Sukses Gelar UNBK

PURWAKARTA, headlinejabar.com 
Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa sekolah di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat berjalan lancar. Sekolah negeri yang melaksanakan UNBK antara lain SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Purwakarta menyimpulkan UNBK dilaksanakan tanpa kendala. Termasuk sekolah swasta, SMK YPK Purwakarta juga sukses menggelar UNBK.
Komisi IV DPRD Purwakarta berkunjung ke semua sekolah yang menggelar UNBK di Purwakarta. Komisi pendidikan ini memastikan pelakasanaan ujian berbasis internet itu deigelar baik dan lancar.
“Meski bila ada kendala yang terjadi, semisal kekurangan kita jadikan evaluasi bersama. Dari pihak sekolah yang didatangi, kita menunggu tentang keputusan pengambilalihan kewenangan dari Pemkab ke Pemprov. Meski dalam hal ini kami mengharapkan sekelas SLTA jangan sampai diambil alih oleh provinsi,” jelas Anggota Komisi IV DPRD Purwakarta, Sutisna kepada headlinejabar.com, Senin (4/4/2016).
Pendidikan wajar 12 tahun di Purwakarta, dinilai Tisna, menjadi sebuah keberhasilan. Dengan demikian, Tisna keberatan jika kewenangan pendidikan sekolah menengah diambil oleh provinsi.
“Dilihat dari infrastruktur, semua sudah beres,” ujar Tisna.
Termasuk saat ia mengevaluasi kinerja Dikmen Disdikpora Purwakarta, pelaksanaan UNBK sudah lancar. Dengan persiapan yang matang, pihaknya menilai UNBK di Purwakarta memuasakan. 
“Beberapa daerah memang menginginkan jadi pionir UNBK. Sebab UNBK bisa dilihat ada kejujuran, kedua lebih efisien,” terang dia.
Sementara Kabid Dikmen Disdikpora Purwakarta, Duaudin menerangkan, melalui UNBK, kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional bisa diminimalisir. Meski ujian bukan satu satunya syarat kelulusan, sehingga UN tidak menakutkan, evaluasinya bagaimana pemerintah harus hadir di tengah plaksanaan tersebut.
“Untuk teknis listrik, jaringan lancar, teknis listrik tidak ada masalah. Ketua teknisi, proktor sudah dikumpulkan dan dirunut. Semua sudah siap, semua sekolah pelaksana UNBK kami minta untuk saling membantu. Nanti kita evaluasi dan bahas bersama dalam Rakornis,” terang Diaudin.
Menurut informasi yang diperoleh, SMK YPK salah satu sekolah swasta sukses menggelar UNBK. Bahkan Diaudin mengharapkan komputerisasi bukan hanya berlaku untuk UN, melainkan UTS dan UAS. 
“Untuk investasi kami berterimakasih kepada inspektorat dimana teknik Kepsek untuk menggunakan cara sehingga semua UNBK bisa berjalan dengan baik. Disesuaikan dengan kemampuan masing-masing,” harap Diaudin.(*)

Reporter : Rosad Nurdin
Editor : Dicky Zulkifly
Baca Juga  Kota Bandung Pilot Project PLS Pendidikan Karakter