Disdik Purwakarta Gelar Bimtek Pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education

Disdik Purwakarta Gelar Bimtek Pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education.

Pelaksanaan bimtek bertempat di satuan pendidikan masing-masing dari tanggal 14 -28 Oktober 2024.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Ervin Aulia Rachman SE MSi mengatakan, kegiatan ini menyasar sebanyak 12 sekolah yang terdiri dari 11 jenjang sekolah dasar (SD) dan satu jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

Baca Juga  Ironi di Tengah Pembangunan Proyek Kereta Cepat

“Teknis pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di sekolah masing-masing dimana tim yang datang ke sekolah untuk memberikan bimtek kepada kepala sekolah, guru-guru dan tenaga kependidikan,” ucap Ervin, Selasa 22 Oktober 2024.

Adapun nara sumber yang diterjunkan terdiri dari Kepala Seksi Kelembagaan dan Penjaminan Mutu Pamel Liskardani, S.Pd dan Kepala seksi Kurikulum dan penilaian Dede Supendi, M.Pd.

Baca Juga  Peran IGTKI Wujudkan PAUD Berkualitas

Nara sumber juga ada dari latar belakang guru yang telah memiliki sertifikat Google Master Trainer (GMT).

“Materi yang disajikan meliputi penggunaan fitur-fitur chromebook dan pemanfaatan aplikasi Google Workspace for Education untuk pembelajaran berbasis digital,” jelas Ervin.

Google Workspace For Education adalah rangkaian platform milik Google yang memberikan serangkaian fitur yang didesain untuk memberdayakan guru dan peserta didik saat mereka belajar dan berinovasi bersama.

Baca Juga  Kepala Sekolah SD Sering Bingung, Bupati Purwakarta Usulkan Ini

Google For Education memiliki beberapa manfaat utama yaitu memudahkan para pengguna untuk berkolaborasi dimana pun, memudahkan komunikasi dalam berbagai format, mengatur kelas daring dengan mudah, memudahkan manajemen tugas bagi pendidik dan peserta didik, dan menyederhanakan berbagai kebutuhan administratif.