Langkah Konkret Pemkab Purwakarta Kendalikan Inflasi

Rapat Koordinasi High Level Meeting (HLM) Pengendalian Inflasi di Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memiliki langkah konkret dalam upaya mengendalikan inflasi. Inflasi perlu dikendalikan dan tidak melonjak agar daya beli tetap normal dan masyarakat sejahtera.

Seperti terlihat dalan Rapat Koordinasi High Level Meeting (HLM) Pengendalian Inflasi di Purwakarta Tahun 2024, Rabu 2 Oktober 2024. Langkah konkret pengendalian inflasi di daerah tahun 2024 terus dilakukan oleh Pemkab Purwakarta melalui berbagai cara.

Salah satunya, Pemkab Purwakarta menggencarkan program Gerakan Pangan Murah (GPM) di sejumlah wilayah. Dalam GPM, Pemkab Purwakarta bersama Bulog menyediakan berbagai komoditi tertentu yang dibutuhkan masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan juga melakukan Rapat Koordinasi High Level Meeting (HLM) Pengendalian Inflasi di Purwakarta Tahun 2024 setelah Video Conference.

Baca Juga  Wapres JK Berharap Pasar Modal Indonesia Tahun Ini Lebih Baik

Benni mengharapkan, Pemkab Purwakarta mempunyai satu data yang sama yang akan disampaikan kepada tim TPID untuk dapat mengatasi inflasi di Purwakarta.

“Indeks Perkembangan Harga Purwakarta berada diangka -2,09%. Komiditas produk yang memberi andil, yaitu cabai rawit, cabai merah, dan telur ayam,” kata Benni.

Untuk minyak goreng harga masih variatif walaupun HET sudah ditetapkan. Namun sejauh ini belum terlihat adanya gejolak dipasar. Hal ini dikarenakan stok yang tersedia masih mencukupi.

Baca Juga  Kembangkan Potensi Ekraf Jabar Selatan

“Kedepan diharapkan pemerintah harus mampu mengantisipasi kebutuhan masyarakat ditengah persiapan Pilkada yang pasti akan menjadi sorotan penuh untuk beberapa bulan kedepan,” ujar Benni.

Hadir pada rapat pagi ini Forkopimda Kab. Purwakarta, Sekretaris Daerah Kab. Purwakarta, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala KPPN Purwakarta, Kepala Bulog Purwakarta, BPS, Kepala BKAD, Kepala Diskominfo, Kepala Diskanak, Kepala Dispangtan, Bappelitbangda, DKUPP, Kabag. Perekonomian dan SDA, Kabag. Prokompim.

Video Conference Rapat Koordinasi Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2024 bertempat di Aula Janaka Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta

Baca Juga  Produsen Peuyeum Bendul Galau

Komjen. Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si selaku Plt. Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri memimpin Rapat Koordinasi pada kesempatan ini.

Tinjauan Inflasi dan Indeks Perkembangan Harga Minggu Ke-4 September 2024 mengalami Deflasi sebesar -0,12% secara Month to Month. Dengan andil terbesar dari kelompok makanan, minuman dan tembakau serta transportasi.

Dimana mengalami penurunan harga pada bulan September 2024. Harga bensin dan solar mengalami deflasi 0, 04% dan 0,02%.

Hal ini mengakibatkan deflasi di Bulan September 2024 lebih dalam dibandingkan Bulan Agustus 2024 dan sepanjang 5 bulan terakhir.