82.1 % Partisipasi Pemilu di Purwakarta Lewati Target

Foto : 82.1 % Partisipasi Pemilu di Purwakarta Lewati Target

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Partisipasi masyarakat Purwakarta pada Pemilu serentak 2019 ini, diklaim meningkat. Bahkan melebihi angka yang ditargetkan oleh KPU Purwakarta.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Ramlan Maulana mengatakan partisipasi pemilih kali ini mencapai lebih dari 80 persen.

“Partisipasi pemilih dilihat dari  capres, di Purwakarta mencapai 82.1 persen. Melampaui dua persen dari target kami 80 persen,” kata Ramlan, Kamis (2/5).

Baca Juga  Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan Munaslub Partai Golkar

Bahkan lebih jauh lagi meningkat dibandingkan dengan partisipasi pemilih saat Pilgub dan Pilbup di Purwakarta yang mencapai 79.4 persen.

Indikasi kenaikan partisipasi masyarakat dalam ikut serta menjadi pemilih di Pemilu serentak 2019 ini bisa dilihat dari lancarnya proses pemilu di Purwakarta.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengaku bahwa keamanan dan kenyamanan proses Pemilu di Purwakarta membuat partisipasi masyarakat meningkat. “Partisipasi yang tinggi ini membuktikan bahwa masyarakat merasa aman dan nyaman pada pemilu 2018,” ucapnya.

Baca Juga  Masyarakat Bandung-Cimahi Rasakan Manfaat Fogging Boyke

Menurutnya, jika masyarakat merasa terancam dan merasa ketakutan saat berlangsungnya pemilu, maka partisipasi pun akan menurun. Dengan demikian, Matrius mengaku pemilu serentak 2019 di Purwakarta berjalan aman, damai, kondusif, dan sejuk.

“Partisipasi masyarakat dari angka partisipasi yang 70an persen di tahun lalu (pilkada), kini mencapai lebih dari 80 persen,” demikian Kapolres Purwakarta. (eka)

Baca Juga  Kisruh Paripurna DPR, PKB Ingin DPD Dibubarkan