Foto : Foto : Kemeriahan 1st International Jatiluhur Jazz Festival (IJJF) 2019 | Dokumentasi Instagram Falconmusic.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta merilis target kunjungan wisatawan Kabupaten Purwakarta selama tahun 2019.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan pada Disporaparbud Purwakarta Irfan Suryana mengatakan, ekspektasi kunjungan selama tahun 2019 ditarget mencapai empat juta wisatawan.

"Hingga akhir November kemarin, baru tercapai 60 persen kunjungan wisatawan. Dan kami yakin persentasenya akan terus merangkak naik hingga tahun 2019 ini berakhir," kata Irfan, Senin (2/12/2019).

Lebih rincinya, dari 4 juta target kunjungan, saat ini sudah tercapai 2,2 juta kunjungan wisatawan. Meski kemungkinannya kecil untuk target, beberapa even besar yang digelar menjelang akhir tahun dapat mempengaruhi target.

"Salah satunya even 1st International Jatiluhur Jazz Festival (IJJF) 2019 yang digelar Sabtu (30/11/2019) dan Minggu (1/12/2019). Ini mempengaruhi banyak target kami," kata Irfan.

Disporaparbud saat ini masih mendata dan berupaya berkoordonasi dengan pelaksana IJJF 2019 terkait berapa jumlah pasti pengunjung yang datang ke dalam acara tersebut.

Direktur Utama Jasa Tirta II, U Saefudin Noer mengatakan, acara ini menjadi bagian dari program unggulan Jasa Tirta II untuk mempromosikan pariwisata melalui musik sekaligus sarana meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. 

Tak hanya itu, event ini juga dilaksanakan untuk memperkuat ekonomi masyarakat dalam ekosistem ekonomi melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah, UMKM, pelaku ekonomi lokal dan kreatif, para seniman dan budayawan lokal, nasional dan mancanegara.

"Kita kampanyekan kepedulian lingkungan melalui acara musik, diharapkan kepedulian mereka terhadap lingkungan semakin meningkat," ujar dia.

REPORTER : OYANG ESTE BINOS
EDITOR : DIKY JULKIFLI

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)