PURWAKARTA, headlinejabar.com
 
Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) akan menggelar Festival Bambu 2019 di Taman Pasanggarahan Padjadjaran Minggu (28/4/2019).
 
Menurut Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud Purwakarta. Heri Anwar mengatakan bahwa festival tersebut untuk meningkatkan keterkenalan hasil produk yang memanfaatkan bahan dasar bambu.
 
"untuk melestarikan dan memperkenalkan seni budaya berbahan dasar bambu. Terutama kepada kaum milenial," ujar Heri ketika di temui di Purwakarta, Kamis (25/4/2019).
 
Selain itu digelarnya acara tersebut, pihaknya sedang membidik bambu sebagai potensi produk yang kedepannya bisa dikembangkan, sehingga menjadi ciri khas. potensi dari sisi ekonomi yang tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan warga sekitar. Sehingga, bambu ini tak hanya dilihat dari sisi produk perkebunan saja, tapi juga dari sisi kebudayaan dan pariwisata. 
 
"kita juga ingin memperkuat potensinya, karena kita ketahui kualitas bambu Purwakarta termasuk kualitas yang baik jadi bukan hanya perkebunannya saja tapi potensi budaya dan pariwisatanya kita kembangkan juga," kata Heri.
 
Selama ini, pohon Bambu di wilayah tersebut, tak hanya dijual sebagai bahan baku. Tapi, juga kerap dijual dalam bentuk barang jadi. Semisal, untuk dibuat handicraft anyaman bambu. Semisal, jadi miniatur perahu. 
 
Apalagi, sangat banyak manfaat yang didapat dari pohon bambu. Karena, selain bisa digunakan untuk membuat bermacam-macam kerajinan anyaman, pohon ini juga bisa menjadi penangkal polusi udara dan konservasi lingkungan.

"banyak hal yang dihasilkan dari bambu,jadi potensi ini yang ingin gali dan acara festival ini tidak lain sebagai ajang prmosi sehingga masyarakat pun bisa tergugah dengan adanya kegiatan ini." Ucapnya.
 
Dalam festival bertema 'Regang Tamiang'itu, nantinya akan ada bazar beragam jenis produk anyaman bambu pameran dan edukasi cara membuat anyaman dari bambu. Pihaknya turut menggandeng beberapa intansi, termasuk Dinas Pendidikan. Nantinya, para pelajar bakal turut serta dalam event tersebut.

Terpopuler