Foto : Ilustrasi.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Kabupaten Purwakarta memiliki kualitas buah manggis yang mumpuni, terlebih nilai ekspor buah manggis setiap tahunnya meningkat. Bahkan sejak 2006 buah manggis Purwakarta sudah tersertifikasi di Kementrian Pertanian RI.
 
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachman Suherlan mengatakan buah manggis merupakan unggulan komunitas buah-buahan di Purwakarta. Terlebih karakteristik buah manggis Purwakarta cukup berbeda dibandingkan dengan daerah lain.
 
"Manggis di Purwakarta sudah lama berkembang, potensinya juga cukup tinggi, bahkan nilai ekspor setiap tahunnya terus meningkat," Ujar Agus di Purwakarta, Kamis (21/3/2019).
 
Untuk lebih meningkatkan pengembangannya, pihaknya pun memberikan motivasi serta menjadikan buah manggis sebagai tema event yang dibentuk sebagai kegiatan acara festival.
 
Selain itu memberikan apresiasi dan meningkatkan potensi manggis di Purwakarta, sehingga baik kualitas dan nilai jualnya cukup tinggi bahkan bisa menjadi sentra di Jawa Barat.
 
"itu salah satu alasan kami menggelar Festival Manggis, untuk peningkatan produk dan mendorong potensi manggis di Purwakarta," ujar Kadis.
 
Selain itu, memberikan semacam akses kedekatan kepada pasar, baik itu pasar modern, pasar lokal maupun pasar ekspor, baik petani maupun pasar bisa lebih dekat terutama untuk petani sehingga meraka tahu pasar yang akan dituju.
 
"tanah di Purwakarta cocok untuk ditanami buah manggis. Sekarang kita tinggal bagaimana manggis tetap terpelihara dan terjaga kualitasnya,untuk memelihara pangsa pasar kedepannya" kata Agus.
 
luas lahan perkebunan Manggis di Purwakarta wilayahnya mencapai 1.500 hektare. Lahan tersebut, tersebar di lima kecamatan, yaitu Bojong, Kiarapedes, Darangdan, Wanayasa dan Pondoksalam.
 
Event Festival manggis akan digelar pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 di Desa Babakan Kecamatan Wanayasa. Dalam Event tersebut akan diisi oleh kelompok tani yang memproduksi buah manggis Purwakarta.(rls/dik)

Terpopuler