Foto : PT SPV Bangun RPTH Tempat Wisata Warga

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Perusahaan di bawah Lenzing AG (Austria), PT South Pacific Viscose (SPV) segera menuntaskan pembangunan tempat berwisata warga dengan sejumlah spot berswafoto keluarga dan sarana bermain anak lainnya.

Hal ini menjadi kabar gembira untuk warga di Desa Cicadas Kecamatan Babakan Cikao dan sekitarnya.

"Secara umum Ruang Publik Terbuka Hijau (RPTH) sudah bisa dimanfaatkan warga. Pembangunannya segera kita tuntaskan, kini secara fisik sudah mencapai 70 persen. Kita berharap pada peresmian RPTH ini, bisa diresmikan oleh Bupati Purwakarta," ujar Head of Corporate Affairs PT SPV, Widi Nugroho Sahib, di lokasi RPTH, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya, untuk manajemen pengelolaan RPTH akan diserahkan ke Pemerintahan Desa Cicadas. "Untuk pengelolaan, kita akan bekerjasama dengan Bamusdes, Karang Taruna dan Pemerintahan Desa setempat," kata Widi.

Pembangunan RPTH ini memanfaatkan lahan tidur di sekitar pabrik, di atas lahan sekitar dua hektar. Selain ditanami pohon trembesi, dibuat juga jogging track, kolam ikan dan macam-macam permainan motorik untuk anak-anak.

"Hal ini juga, merupakan implementasi komitmen perusahaan untuk terus memberdayakan masyarakat di sekitar perusahaan, termasuk pemberdayaan secara ekonomi," katanya.

Selain itu, PT. SPV juga melakukan revitalisasi lahan-lahan yang masih berstatus milik negara dengan membuat taman-taman dan penghijauan di sekitar DAS Citarum.

"Sebelumnya kita sudah menanam sekitar 1.500 pohon di sekitar DAS Citarum. Dan ini akan terus kita lakukan secara berkelanjutan," ucap Widi.(dik)

Terpopuler