Foto : Disporaparbud Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja dari unsur Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja dari unsur Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pekan lalu.

Kedatangan tamu kehormatan dari daerah sebrang itu dalam rangka sharing informasi mengenai pengembangan dan pengelolaan wisata kuliner di Kabupaten Purwakarta. Nantinya, pengelolaan wisata kuliner di Purwakarta, akan dijadikan rujukan untuk pengembangan wisata di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan kerja dihadiri oleh Pimpinan DPRD, Komisi I, beserta Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya. Mereka diterima dengan hangat oleh Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saefudin.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Heri Anwar, Kasi Promosi dan Pengembangan Produk Wisata Acep Yulimulya, serta Rahmat, Kasi Pengembangan dan Pemeliharaan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta.

Foto : Disporaparbud Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja dari unsur Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Heri Anwar mengatakan, tujuan diadakannya wisata kuliner diantaranya untuk menarik kunjungan wisatawan, meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para pedagang kuliner kecil yang sebelumnya tidak mempunyai lapak tetap untuk berjualan dan para pedagang tersebut wajib yang berdomisili di Kabupaten Purwakarta.

"Dengan adanya wisata kuliner di Purwakarta maka regulasi perekonomian masyarakat di Purwakarta semakin meningkat,  ribuan orang membelanjakan uangnya di wisata kuliner sehingga terjadi peningkataan perputaran uang. Selain itu, dengan adanya wisata kuliner kesempatan untuk membuka usaha semakin terbuka," ujar Heri, ditemui Jumat (25/5/2018).

Menurur Heri, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya lebih kepada penatakelolaan wisata kuliner. Dimana, dari segi manajerial, wisata kuliner di Purwakarta dipandang berhasil.

"Di kita bahkan ada even khusus tiap satu minggu sekali berkenaan dibukaanya Taman Air Mancur Sri Baduga berbarengan dengan wisata kuliner," ujar Heri.

Untuk produk yang dijual dalam wisata kuliner di Purwakarta terdiri dari sajian khas daerah mulai Sate Maranggi, nasi liwet dan masih banyak lagi. Selain itu dukungan resmi dari pemerintah setempat yang membuat perkembangan wisata kuliner Purwakarta berkembang baik.

"Dan boleh dicek, perputaran uang di pedagang mencapai ratusan juta persekali even wisata kuliner disajikan. Belum dengan di tempat-tempat kuliner yang buka selama satu minggu penuh," tutup dia.

EDITOR : DICKY ZULKIFLY

ucapan hari jadi purwakarta hanura

IMG 20180718 WA0016

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)