PURWAKARTA, headlinejabar.com

Taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan kembali dimaksimalkan. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta, di tahun 2016 ini akan kembali ditata menuju kesempurnaan. Banyak pihak yang beranggapan jika taman ini sudah pada titik sempurnanya. Padahal, masih ada beberapa pembangunan yang akan diselesaikan di titik-titik dan areal taman.

Foto : Pagung terbuka di areal Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta sering dijadikan kegiatan-kegiatan edukasi. Salah satunya, Festival Seni Bela Diri Dunia beberapa waktu lalu yang menghadirkan perwakilan delegasi negara-negara dunia.(Redaksi)

Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta akan dioptimalkan di sisi kenyamanan pengunjung. Di tahap finising, taman ini akan dilengkapi fasilitas tribun tempat duduk penonton saat menyaksikan atraksi air mancur. Tak kalah istimewa, di pintu masuk dan keluar taman akan dibangunkan air yang memancar dari kedua sisi. Sehingga, pengunjung yang masuk dan keluar areal taman akan merasakan sensasi berjalan di bawah pancaran air.

Penambahan wahana jumping jet, akan lebih memanjakan pengunjung karena atraksi air menari di kawasan situ terasa lebih nyata dengan paduan visualisasi. Di pagi hari, pengunjung turut akan dimanjakan dengan fasilitas jogging track atau areal berolahraga lari. 

Foto : Penampillan Iko Uwais aktor sekaligus jagoan silat menjadi perwakilan dalam ajang Festival Seni Bela Diri Dunia di panggung terbuka Taman Air Mancur  Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta.(Redaksi)

Dan, taman ini akan dilengkapi dengan fasilitas bermain bagi anak (play ground) yang ramah lingkungan. Termasuk, bagi para pengunjung yang datang bersama keluarga, saung bambu yang saat ini ada akan ditambah dan fasilitasnya lebih dimaksimalkan. Istimewa bukan?

Headlinejabar.com berkesempatan mengupas rencana pembangunan tingkat lanjut Taman Sri Baduga bersama Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Purwakarta, Ruslan Subanda. Menurut Kang Ruslan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memang akan melakukan pembangunan tahap finising untuk menyempurnakan keistimewaan taman kebanggaan masyarakat Purwakarta ini.

"Pemkab ingin menyediakan wahanana rekreasi yang bersifat edukatif, aktif dan menyenangkan tentunya. Situ Buleud, akan menjadi kebanggaan destinasi wisata nasional," terang Ruslan di ruang dinasnya, Kamis (31/3/2016).

Foto : Pagung terbuka di areal Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta selain dijadikan tempat menggelar even besar daerah, dijjadikan tempat edukasi pembelajaran salah satunya di waktu pagi hari, panggung ini dijadikan tempat memberikan makan ikan.(Redaksi)

Saat ini Pemkab Purwakarta tengah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk tahap penyempurnaan Situ Buleud. Salah satunya dengan penyiapan dokumen untuk lelang proyek. Kang Ruslan meyakinkan, pembangunan finising Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta segera terlaksana April sekarang.

Melalui pembangunan tahap finising, Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta diyakini akan menampung lebih dari 20 ribu pengunjung. Meski diisi oleh puluhan ribu orang, Pemkab Purwakarta memberi jaminan setiap pengunjung tidak akan merasa berdesak-desakan saat berada di areal taman.

"Nanti teknis sesudahnya akan diatur oleh dinas pariwisata. Taman ini masih longgar menampung pengunjung di atas 20 ribu. Dan kami jamin, tidak akan ada yang merasa berdesakan," papar Kang Ruslan.

Harapan lain dengan tingginya mobilitas wisata yang dihasilkan dari tarikan magnet Taman Sri Baduga, mampu menciptakan iklim perekomonian wisata daerah yang lebih baik. Di samping dampak tersebut, Pemkab Purwakarta lebih mementingkan kebahagian masyarakat dan pengunjung luar daerah yang ingin menyaksikan langsung keistimewaan wisata yang ditawarkan.

Foto : Di luar kawasan Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta terbuka sebagai ruang publik untuk menggelar jalan sehat atau olahraga lari. Telihat Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tengah jalan sehat pagi hari bersama para pejabat Pemkab dan warga Purwakarta.(Redaksi)

"Edukatif, nanti di tengah situ, akan disediakan panggung terbuka yang bisa dipakai untuk even kegiatan festival dan sejenisnya. Sebagaimana komitmen Pemkab, kami fokus menciptakan ruang interaksi publik yang ramah dan menyenangkan," ujar Ruslan.

Turut akan ditambahkan fasilitas umum toilet, mushola dan areal taman yang lebih luas. Termasuk, setiap pergelaran atraksi air mancur, DKP Purwakarta akan menyiapkan toilet keliling yang mobile melayani kebutuhan pengunjung. 

Sebetulnya masih banyak inovasi dan kejutan yang akan diterapkan di Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud. Ingin tahu seperti apa, ikuti perkembangan berita seputar Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakata bersama headlinejabar.com.(adv)


Editor : Dicky Zulkifly

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)