Foto : Politisi PDIP, Wakil Ketua DPRD Purwakarta, dan kandidat calon Ketua DPC PDIP Purwakarta, Warseno.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dari sekian banyak nama kandidat calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Purwakarya, Warseno muncul sebagai kandidat yang layak diperhitungkan.

Politisi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purwakarta ini, rupanya memiliki karir dan pengabdian panjang di PDIP Purwakarta.

Warseno mengaku, lahir dan besar dari pengurus partai paling bawah. Ia pernah menjadi Pengurus Ranting PDIP Kelurahan Purwamekar pada tahun 1999-2004.

Kemudian, ia pernah menjadi Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP Kecamatan Purwakarta tahun 2004-2009, pengurus DPC PDIP Kabupaten Purwakarta tahun 2009-2015 dan pengurus DPC PDIP Kabupaten Purwakarta 2015-sampai saat ini.

"Daat sekarang saya mencalonkan sebagai Ketua DPC PDIP Purwakarta periode 2019-2024," ujar Warseno dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2019).

Dalam Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP Purwakarta tahun ini, Warseno masuk dalam tiga nama yang diusulkan oleh empat PAC PDIP di Purwakarta. Meliputi PAC Kecamatan Purwakarta, Sukasari, Wanayasa dan Bungursari.

Warseno berkeinginan membenahi PDIP Purwakarta menjadi lebih baik lagi ke depannya. Mengingat hasil pemilu legislatif tahun ini, PDIP Purwakarta kehilangan tiga kursi di DPRD.

"Tentu ini yang akan saya evaluasi ketika nanti dipercaya menjadi Ketua DPC PDIP Purwakarta," ujar Warseno.

Sebagai nama yang diusulkan, Warseno tengah berkomunikasi dengan berbagai tingkatan di internal PDIP. "Meski begitu, apapun nanti pilihan DPP itu yang terbaik," katanya.

Dia berharap Konfercab DPC PDIP Purwakarta mesti dijadikan ajang konsolidasi berjalan semua internal partai. Terutama dalam menyolidkan kader dan struktural partai.

"Karena pasca pilkada dan pileg di Purwakarta, PDIP terdampak hasil politik yang kurang memuaskan," ucap dia.

Semisal pil pahit yang mesti ditelan manakala PDIP Purwakarta hanya meraih lima kursi yang sebelumnya delapan kursi (di pileg 2014). Ini mesti jadi ajang evaluasi bagi semua struktur partai di berbagai tingkatan. Namun masih beruntung, kata dia, PDIP tidak terdepak dari kursi pimpinan DPRD.

"Kita masih dapat jatah kursi pimpinan. Suara PDIP di Purwakarta masih jauh lebih besar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)," kata dia.

Ada beberapa hal yang mengharuskan partai berlambang moncong putih ini kehilangan taring dalam hajat politik di Purwakarta yang usai digelar. Tapi cukup bagi Warseno, itu menjadi catatan.

"PDIP bukan tidak menyiapkan kader partai yang baik, hanya dari segi strategi kalah jauh dengan partai-partai yang lain. Saya berkeinginan bagaimana partai ini lebih baik lagi," demikian Warseno.

Penetapan dan pengumuman ketua terpilih sendiri akan dilaksanakan pada Konfercab PDIP Purwakarta 14 Juli 2019 bertempat di Bekasi. Keputusan berbarengan dengan konferensi DPC PDIP di zona IV meliputi Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Karawang dan Purwakarta.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)