Foto : Ribuan Dus Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Kantor KPU Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menerima 4.235 dus berisikan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kamis (14/2/2019) siang.

Ribuan dus tersebut terdiri dari surat suara untuk DPR RI sebanyak, 1.404 dus, lalu ada 1.404 dus untuk DPRD Provinsi, dan yang paling banyak adalah dus berisi surat suara untuk DPRD Kabupaten, sebanyak 1.427 dus.

Tempat penyimpanan logistik pemilu itu pun berlokasi di Gor Purnawarman, Sindangkasih, Purwakarta. Surat suara keperluan pemilihan anggota legislatif (Pileg) itu dikirim dari Bandung, menggunakan lima truk kontrak.

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan setiap dus tersebut berisi 500 lembar surat suara.

"Artinya sudah ada sekitar 2.117.500 lembar suara yang telah terima hari ini, terdiri dari surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, dan DPRD Kabupaten Purwakarta," ucap Ahmad saat ditemui di lokasi penyimpanan.

Menurut informasi yang didapat Tribun Jabar, kebutuhan surat suara untuk Pemilu 2019 di wilayah Purwakarta adalah 3.512.214 surat suara.

Jutaan surat suara itu terdiri dari 1.401.684 surat suara untuk Pilpres dan DPD RI, serta 2.110.530 surat suara untuk DPRI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Dia menjelaskan bahwa penyimpanan surat suara itu berada di GOR Purnawarman milik Pemerintah Daerah Purwakarta.

Mengenai pengaman surat penting tersebut, pihak KPU mengaku telah berkoordinasi dengan jajaran Polres Purwakarta maupun Pemda. Meski hanya dipagari oleh seng dan terkesan seadanya, Ahmad berdalih hal tersebut sudah dirasa cukup layak.(dik)

Terpopuler