Foto : Caleg DPR RI Partai Golkar Dapil I Jabar (Bandung-Cimahi) Boyke Mohammad Febrian.

BANDUNG, headlinejabar.com

Calon Anggota Legislatif DPR-RI Partai Golkar Daerah Pemilihan I Jawa Barat (Bandung-Cimahi) Boyke Mohammad Febrian, rupanya memiliki cara tersendiri dalam memberantas informasi bohong (hoax).

Bagi Boyke, pendidikan literasi penting dalam menghadang gempuran hoax yang bertebaran di media sosial saat ini. Begitupun dengan peran pemuda yang harus menjadi sentral di lingkungannya untuk sama-sama memberikan pemahaman pentingnya menangkal hoax.

"Hoax atau informasi bohong menjadi musuh bersama yang harus dilawan pada era masyarakat informasi ini," kata Boyke.

Hoax bagai musuh dalam selimut yang bisa memecah belah rasa kesatuan dan persatuan bangsa.

"Dan pemuda harus menjadi sentral pendidikan di lingkungannya. Bagaimana bermedsos yang baik harus ditunjukan oleh para kaum milenial. Tulisan-tulisan bermanfaat di medsos pun harus menjadi budaya yang dilakukan oleh para milenial," kata Boyke.

Boyke menegaskan, akan secara massif untuk menggerakan budaya menulis. Misalnya, dengan berbagai lomba menulis essai, artikel, bahkan lomba caption di media sosial.

Agar hal tersebut menjadi pemicu masyarakat dalam membudayakan menulis, dan menghindarkan diri dari berita bohong yang semakin menjamur ini.

"Masyarakat harus diberikan kebiasaan menulis. Salah satunya dengan program lomba menulis yang setiap bulan dilakukan. Untuk setidaknya meminimalisir tulisan-tulisan yang dapat memecah belah bangsa," ujarnya.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)