Foto : Cegah Konflik Pilkades, Pemcam Pabuaran Gelar Deklarasi Damai

SUBANG, headlinejabar.com

Antisipasi terjadinya konflik yang muncul saat kegiatan pemilihan kepala desa pihak pemerintah kecamatan Pabuaran menggelar deklarasi damai di Aula Kecamatan Pabuaran, Subang, Selasa (13/11/2018) sore sekitar jam 15.00 WIB.

Deklarasi damai yang diikuti sebanyak 21 Calon Kepala Desa, Anggota BPD dan Muspika Kecamatan itu yang tersebar di 8 desa itu mereka sepakat kenyuarakan deklarasi damai untuk menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan saat Pilkades digelar.

Selain menyuarakan deklarasi damai dihadapan puluhan warga mereka juga secara beramai-ramai menanda tangani nota kesepakatan didalam baliho berukuran besar.

"Kita gelar deklarasi damai ini agar para calon kepala desa yang akan berkompetisi memperebutkan simpati rakyat dapat menjaga lingkungan yang aman dan tertib," kata Camat Pabuaran, Dikdik Solihin kepada Headlinejabar.com.

Dia mengatakan, kegiatan ini agar mereka para calon mematuhi dan dapat mengajak pendukungnya untuk tidak berbuat kisruh dilingkungan dalam menggelar pesta demokrasi 6 tahunan ini.

Sementara itu, Calon Kades Kadawung, Rosman Suganda yang membacakan deklarasi itu dan diikuti oleh para calon lainnya membacakan dengan hidmat mereka berjanji akan menjaga keutuhan dan situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pilkades tahun 2018.

Dan bertekad untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan siap kalah dan siap menang demi terciptanya pemilihan kepala desa yang baik.

"Digelarnya demokrasi damai ini sebagai bentuk agar pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan damai," kata Salah seorang calon kepala desa, Rosman Suganda.

Dia mengatakan, selama pemilihan kepala desa berjalan pihaknya akan menjaga aturan yang sudah ditentukan panitia Pilkades dari mulai tahapan demi tahapan.

"Pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak yang akan digelar pada 5 Desember 2018 itu dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. (san/eka)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)