Foto : Praktek Olahan UMKM Desa Cijaya.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dalam Rangka menumbuh kembangkan kreativitas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Peserta KKN Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta dorong pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Tiap RW yang berada di wilayah Desa Cijaya Campaka Purwakarta.

Ketua Kelompok KKN Yusuf menyampaikan, kegiatan peningkatan UMKM di Desa Cijaya tersebut merupakan bagian dari program kerja KKN yang menghasilkan produk unggulan.

"Produk yang di wujudkan dari tiap RW diantaranya Asinan Buah, Makaroni Keripik Lumpia, serta Pisang Goreng Coklat Lumer," terang Yusuf, Senin (2/3).

Yusuf juga menyebut, pihaknya memilih produk olahan kuliner dikarenakan letak geografis lingkungan berada di lingkungan industri serta mudah untuk di pasarkan.

"Agar supaya masyarakat khususnya Desa Cijaya tidak hanya menjadi masyarakat yang konsumtif di era modernisasi saat ini," papar dia.

Sementara Dewi (44) salah satu warga RW 03 Desa Cijaya merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut, dia berharap dengan adanya program umkm mahasiswa tersebut dapat menjadi pemicu bagi warga setempat khusunya pemuda dan pemudi di Desa Cijaya untuk berwirausaha.

"Ini penting, soal keahlian untuk mengubah bahan baku mentah menjadi bahan jadi, dari bahan jadi menjadi bahan layak jual dan laku di jual. Diharapkan masyarakat bisa terbantu dan konsisten dalam pengembangan usahanya," pungkasnya.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)