Foto : STIE DR KHEZ Muttaqien Purwakarta bersama BEI dan PT Phintraco Sekuritas meresmikan Galeri Investasi.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) DR KHEZ Muttaqien Purwakarta bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Phintraco Sekuritas meresmikan Galeri Investasi (GI) yang berada di lingkungan kampus, Kamis (12/12/2019).

Fasilitas ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pasar modal dan investasi saham kepada civitas STIE DR KHEZ Muttaqien Purwakarta, khususnya bagi masiswa.

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Hasan Fawzi mengatakan, fasilitas GI menyasar di perguruan tinggi di Indonesia fungsinya untuk memastikan terjadinya proses belajar dan pemahaman terutama dari kalangan civitas akademika terkait dengan fungsi dan layanan pasar modal maupun bursa efek.

"Adanya Galeri Investasi ini bisa memberikan pemahaman sedari dini bagi mahasiswa, juga diharapkan budaya untuk berinvestasi akan menjadi budaya yang terus mereka lakukan dari sejak dini dan dari waktu ke waktu sampai mereka memiliki keinginan berinvestasi di pasar modal," kata Hasan, usai meresmikan Galeri Investasi di kampus STIE DR KHEZ Muttaqien Purwakarta, Kamis (12/12/2019).

Hasan mengungkapkan, banyak sekali pandangan, anggapan dan persepsi yang keliru seolah-olah kalau bertransaksi dan berivestasi di bursa efak sulit, kemudian membutuhkan modal yang besar, lalu ilmu yang dikuasi juga sesuatu yang tidak mudah.

"Dengan adanya Galeri Investasi ini salah satu tujuannya untuk menjelaskan dan meluruskan persepsi yang salah itu," ujar Hasan.

Hasan menjelaskan, Galeri Investasi bisa menjadi efektif untuk memahami betul ternyata mekanisme, cara berinvestasi, pemahaman yang diperlukan dan menjadi investor yang baik itu tidak sesulit yang dibayangkan. Akses bursa dibuka seluas-luasnya dan tidak sulit, tidak mahal, semua informasi yang diperlukan tersedia.

Selain itu, pihak BEI juga telah melakukan program kampanye nasional Yuk Nabung Saham (YNS), yang digulirkan sejak 2015 lalu bersama hampir 50 anggota bursa mitra.

"Dengan program ini memungkinkan untuk memulai investasi di bursa efek itu dengan dana yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp100.000," jelasnya.

Hasan menambahkan, Galeri Investasi di kampus STIE DR KHEZ Muttaqien Purwakarta menjadi yang ke 475 di seluruh indonesia yang telah didirikan BEI sebagian besar bekerjasama dengan perguruan tinggi atau universitas. Di wilayah Jawa Barat sendiri saat ini sudah terdapat 35 Galeri Investasi yang berdiri.

"Galeri Investasi di kampus STIE DR KHEZ Muttaqien Purwakarta menjadi yang ke 57 yang kita resmikan di tahun ini. Mudah-mudahan sampai akhir tahun terus bertambah," ucapnya.

Sementara itu, Pembantu Ketua (PK) II, STIE DR KHEZ Muttaqien Purwakarta, Dean Subhan Shaleh mengatakan, melalui Galeri Investasi mahasiswa akan diperlihatkan secara langsung bagaimana untuk memanfaatkannya.

Ini juga sebagai pengembangan dari mata kuliah mahasiswa sehingga tidak hanya materi, prakteknya pun mereka bisa lebih mengerti.

"Secara teori mahasiwa disni sudah diajarkan, dan adanya Galeri Investasi ini bisa mereka manfaatkan untuk mempratekkannya secara langsung," kata Dean.

Keberadaan Galeri Investasi ini, ujar Dean, juga untuk memperkenalkan secara nyata berkaitan dengan keberadaan bursa efek itu sendiri seperti apa. Selama ini mahasiswa mungkin melihat saham itu barang aneh, barang mahal yang sulit dijangkau, dan nyatanya tidak. Mahasiswa pun bisa melihat secara langsung dan merasakannya langsung.

"Dengan adanya galeri ini mudah-mudahan mereka pemahamannya lebih matang lagi, dan mahaiswa juga bisa belajar berinvestasi, salah satunya bermain saham," jelas Dean.

Sebagai penutup Dean menambahkan, Galeri Investasi yang ada di kampus tidak hanya digunakan bagi mahasiswa, tapi bisa juga dimanfaatkan bagi masyarakat umum lainnya yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bursa saham.(rls/dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)