PURWAKARTA, headlinejabar.com

Madrasah Aliyah (MA) Al Muhajirin Kabupaten Purwakarta menerapkan ulangan berbasis android. Ulangan yang berlangsung selama 15 hari ke depan itu pun difasilitasi oleh pihak sekolah dengan tablet untuk setiap siswanya.

"Karena ketersediaan tablet yang terbatas, ulangan pun dibagi menjadi beberapa sesi. Waktu ulangan yang normalnya dilakukan selama sepekan bertambah menjadi 15 hari. Tablet kita sediakan karena di kami para siswa dilarang membawa handphone," ujar Kepala Sekolah MA Al-Muhajirin Marpu Muhidin Ilyas, Senin (23/9/2019).

Para santri awalnya terlihat sangat berhati-hati. Namun setelahnya cepat beradaptasi. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan ulangan berbasis android itu pun dinilai cukup.

Ia menambahkan, salah satu misi MA Al-Muhajirin adalah penerapan IT dalam pembelajaran dan manajemen. Hal ini untuk menunjukkan citra pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang maju, berkelas, dan mampu bersaing.

"Dan ulangan berbasis PC dan Android adalah bagian dari itu," ucapnya.

Ulangan berbasis android ini dinilai lebih banyak memberikan manfaat. Selain lebih simpel juga dapat menggantikan kertas dan pensil, sehingga mendukung upaya ramah lingkungan.

Penerapan ulangan berbasis android ini juga memberikan penilaian positif atas penggunaan gawai yang kerap dicap hanya digunakan untuk bermain gim, medsos, dan lainnya.

"Ini terobosan baru dalam pengembangan sistem IT yang positif kepada para santri," ujar dia.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)