Foto : Smansa Kirim 16 Siswa Adu Sains di OSP

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Sebagai sebuah kompetisi keilmuan bidang sains, OSP memiliki gengsi yang sangat tinggi karena merupakan gerbang terakhir para peserta untuk meraih tiket emas ke pentas Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Sebanyak 27 siswa perwakilan dari sekolah di Purwakarta 16 di antaranya dari SMAN 1 Purwakarta yang sudah melewati tahapan seleksi tingkat sekolah hingga kabupaten kota, sedang bersaing dalam Olimpiade Sains Provinsi (OSP).

OSP ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yakni OSN yang digelar di Bandung, Hotel Lembang 9 sampai 11 Juli 2019.

Kepala sekolah SMAN 1 Purwakarta Emma Sukmasih menjelaskan, bidang sains yang di lombakan terdapat sembilan bidang sains.

"Meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi," ujar dia, Kamis (11/4/2019).

Emma mengatakan cara pembinaan dari sekolah kepada siswa-siswi yang ikut terpilih mengikuti ajang bergengsi ini.

Pembinaannya, siswa yang sudah mendapat peringkat pertama di kabupaten terus dilatih secara intensif agar dapat bersaing maksimal dengan provinsi lainnya sebelum menuju ke ajang yang lebih bergengsi.

Emma mengungkapan dalam persaingan ada pelajaran penting yang bisa dipetik oleh siswa.

"Semua mata pelajaran penting, mempunyai ciri khas tersendiri, mata pelajaran apapun merupakan suatu ilmu yang merupakan satu dasar mereka atau tafsir ilmu pengetahuan bagi mereka untuk lebih baik kedepan nya," ungkap dia.(nto/dik)

Terpopuler