Bupati Anne Terapkan 'Happiness Curriculum' Pada Pendidikan di Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan meningkatkan pola pendidikan yang sudah berjalan di Kabupaten Purwakarta. Peningkatan tersebut dengan mempelajari system pendidikan yang diterapkan di Finlandia, melalui Finland University.

Sebelumnya, Finland University telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Mutiara Insani Purwakarta sebagai proyek percontohan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan, di sekolah tersebut.

Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, demi meningkatkan kualitas pendidikan di Purwakarta, ia akan belajar serta membuat sinergi kurikulum pendidikan di Purwakarta dengan kurikulum yang diterapkan di Finlandia.

"Kita akan mempelajari sebagian kurikulum yang diterapkan disana (Finlandia). Selain itu kita akan menggandeng Yayasan Mutiara Insani sebagai contoh, karena mereka telah menerapkan kurikulum yang ada di Finlandia pada proses belajar mengajarnya," ujar Anne disela kunjungan Finland University di Bale Nagri Purwakarta. Jumat (9/11/2018).

Bupati yang biasa disapa Ambu Anne menuturkan, saat ini Finlandia merupakan yang terbaik di dunia pada bidang pendidikan.

"Seperti diketahui saat ini Finlandia merupakan yang terbaik di bidang Pendidikan. Selain itu sistem pendidikan yang diterapkan disana menampilkan kebahagiaan, tidak membuat siswa terbebani karena padatnya kegiatan belajar. Tidak ada yang salah pada sistem pendidikan disini, tapi tidak salah juga kalau kita belajar pada yang terbaik saat ini," ujar Ambu Anne.

Sedangkan, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto mengatakan, untuk memajukan pendidikan harus meningkatkan kualitas dan mutu pengajar. Diantaranya dengan mempelajari system yang diajarkan guru di Finlandia.

"Kualitas proses belajar mengajar sangat mempengaruhi generasi muda di Indonesia. Jadi kalau ingin memajukan pendidikan, yang harus di tingkatkan itu mutu pembelajaran. Nah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, harus terlebih dahulu kualitas gurunya," Ujar Purwanto.

Selain itu ia menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan guru termasuk sharing ilmu dengan para pendidik di Purwakarta.

"Saat ini ada 40 guru, diambil dari masing-masing kecamatan di Purwakarta yang mengikuti pelatihan bersama Finland University. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru, cara pandang terhadap anak didik, kurikulum, metodologi pembelajaran harus baik dan sempurna, sehingga didatangkan dari Finland untuk mengasah mereka," Jelasnya.

Ia berharap ke 40 guru yang mengikuti pelatihan, bisa menjadi agen perubahan bagi guru-guru lainnya yang ada di Purwakarta.

"Diharapkan mampu menjadi bekal para guru di Purwakarta kedepan dalam menerapkan pengajaran kepada siswa di Sekolah," ujarnya. (rls/eka)

 

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)