Foto: Dinas Pendidikan Purwakarta: Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Sawah Kulon

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta konsisten diterapkan di lingkungan SD dan SMP yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Diantaranya adalah di SDN 1 Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan yang rutin melakukan membaca 15 menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai.

“Ini merupakan giat GLS rutin tiap kamis pagi, dilakukan siswa dan siswi kelas lima dan kelas enam 15 menit sebelum proses KBM di kelas siswa wajib membaca buku,” Ucap Sohibudin, salah seorang guru.

Program GLS sangat bermanfaat dalam meningkatkan minat baca siswa. Terlebih, karena suasana kebersamaan dalam kegiatan membaca itu sendiri menjadi terbentuk.

"Upaya ini sudah berjalan cukup lama dan terbukti efektif untuk merangsang minat baca siswa, yang akhir-akhir ini tergerus oleh maraknya gadget,” Katanya.

Ia juga menerangkan, penerapan GLS membuahkan prestasi bagi para siswa. Sohibudin menuturkan, anak didiknya diutus sebagai wakil Kabupaten Purwakarta pada event literasi tingkat Provinsi.

“Alhamdulilah, beberapa waktu lalu kita menjadi wakil Literasi Purwakarta diajang Literasi tingkat regional Jabar khusus siswa SD. Ini merupakan bukti pengakuan Disdik Purwakarta,” kata dia.

Untuk terus menjaga minat baca siswa, tambah dia, pihak sekolah menyiapkan aneka bacaan di Perpustakaan. Adapun buku yang disuguhkan tak hanya berkaitan seputar mata pelajaran, tetapi bergantian dari mulai buku cerita binatang dan berbagai ilmu pengetahuan umum serta kisah kepahlawanan Nasional.

“Ada banyak hikmah dan kesimpulan yang kita tarik dari GLS, setiap ada perkembangan terbaru dari siswa akan dicatat oleh guru pembimbing sebagai parameter kegiatan,” tutupnya. (lan/eka)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)