Foto : Mila Fauzyah Pengurus OSIS SMA N 1 Plered Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Yukk Berorganisasi….
Membentuk karakter melalui Organisasi
Di era modern ini dan jaman yang semakin canggih menuntut kita untuk berfikir luas dan kreatif dalam menyikapi pergaulan khususnya bagi siswa. Banyak fenomena yang terjadi pada kegiatan siswa diluar yang lebih banyak ketimbang fokus belajar di sekolah seperti halnya geng motor, komunitas yang tidak tentu arah visi misinya bagi siswa itu sendiri ataupun tawuran sekalipun bahkan baru baru ini prilaku dan etika siswa ada saja yang berani melakukan tidakan yang tidak dibenarkan oleh aturan sekolah ataupun hukum, baik mengenai tindakan melawan atau dengan tindakan kasar lainnya kepada guru.

 

Hal tersebut menjadi sorotan masyarakat luas khususnya bagi publik dilingkungan pendidikan. Berdasarkan hal tersebut ini tentunya menjadi bahan untuk kita pikirkan bagaimana mencari solusi terbaik dalam menyikapinya sehingga siswa mampu menjaga prilakunya dengan baik dan proses pendidikan yang dilaksanakan memberikan nilai positif untuk masyarakat luas.

 

Oleh karena itu bagi saya siswa kelas XI jurusan IPS berharap bahwa hal yang terjadi saat ini tersebut mampu dikurangi atau bahkan dihilangkan dari kebiasaan siswa dengan memperluas pergaulan disekolah dalam lingkup ORGANISASI. Siswa yang mudah terpengaruh lingkungan luar yang bisa berakibat pula terhadap kegiatan disekolah karena kurangnya motivasi siswa terhadap organisasi. Padahal berorganisasi itu memberikan manfaat yang sangat besar bagi siswa dimana organisasi sekolah bisa menjadi sarana bagi siswa untuk belajar menyampaikan pendapat, ide dan gagasan-gagasan yang dimiliki.

 

Selain itu, organsasi merupakan ruang dimana siswa dapt mengasah jiwa kepemimpinan agar semakin matang, karena seseorang yang meskipun mampu menjadi pemimpin bagi dirinnya sendiri belum tentu mampu untuk memimpin orang lain atau organisasi.

 

Dari beberapa manfat beorganisasi tersebut siswa diharapkan turut serta aktiv dalam kegiatan organisasi di sekolah karena hal tersebut mampu memberikan pengalaman dan wawasan yang lebih luas lagi bagi siwa. Baru baru ini kegiatan osis tidak hanya di laksanakan atau dibentuk di lingkup sekolah saja, akan tetapi forum osis sudah tingkat Jawa Barat ini berarti bahwa peluang siswa yang aktif di organisasi bisa lebih luas lagi dari segi wawasan pergaulan sesame organisasi sehingga harapan terbesar dari berorganisasi ini mampu menjembatani siswa yang lain untuk mengembangkan literasi, budaya serta etika yang diharapkan dalam dunia pendidikan dan mampu menghilangkan fenomena fenomena negative yang saat ini terjadi serta dapat membentuk karkater siswa lebih baik lagi. Semoga siwa Indonesia semakin memperteguh jiwa nasionalis jiwa patriot dan mampu mengharumkan nama bangsa menjaga nama baik sekolah melalui kegiatan yang positif pada organisasi.

Mila Fauzyah
Pengurus OSIS SMA N 1 Plered Purwakarta
Kelas XI jurusan IPS (eka)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)