Foto : Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat wilayah IV, Dra Otin Martini, bersama kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto dan para kepala SMK yang ada di Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Subang tengah melepaskan balon sebagi tanda dibukanya O2SN tingkat SMK di Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMK se-wilayah IV, Jawa Barat dimulai. Olimpiade resmi dibuka di lapangan futsal Sport Center Jaya Perkasa milik Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wilayah IV Jabar, Dra Otin Martini mengatakan, kejujuran dan sportifitas merupakan hal yang penting dalam perlombaan.

Apalagi atlet yang menjadi peserta saat ini merupakan terbaik yang mewakili sekolah-sekolah di wilayah IV meliputi Purwakarta, Subang dan Karawang.

“Untuk juaranya nanti akan bertanding di tingkat provinsi Jawa Barat yang mewakili wilayah IV,” ujar Otin, saat ditemui usai membuka O2SN di Sport Center Jaya Perkasa, Kamis (27/6/2019).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Purwakarta, Darta mengatakan, O2SN ini diikuti sebanyak 60 SMK yang ada di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

"Untuk saat ini ada tiga cabang olahraga (Cabor) beregu yang akan di gelar, yakni futsal, basket dan volly.  Nah untuk cabor perorangan nanti langsung di lombakan di tingkat Provinsi Jawa Barat sebagai perwakilan Kabupaten, untuk sekarang mencari juara untuk mewakili wilayah IV di tingkat provinsi Jawa Barat nanti," kata Darta, yang juga Ketua panitia acara O2SN tingkat wilayah IV.

Darta menambahkan tujuan O2SN adalah, untuk menumbuh kembangkan iklim kompetensi yang sehat di lingkungan siswa SMK yang ada di Purwakarta maupun di wilayah IV.

"Selain itu, kita menjaring siswa unggul pada jenjang pendidikan SMK  dalam bidang olahraga untuk kompetensi tingkat Jawa Barat nanti," ujarnya.

O2SN ini juga, lanjut dia untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan siswa SMK secara jasmani maupun rohani, meningkatkan motivasi siswa SMK dalam menguasaan bidang olahraga.

"O2SN ini juga mamacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan, khususnya bidang olahraga, pada jenjang SMK, serta meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda, dan  meningkatkan kreativitas siswa jenjang SMK. Yang terpenting para siswa SMK dapat menjelaskan, dan menyebarluaskan sikap dan prilaku yang mejunjung tinggi nilai-nilai luhur keolahragaan (olympism), yaitu saling menghormati, keunggulan, dan persahabatan,” pungkasnya.(dik)

Terpopuler