PURWAKARTA, headlinejabar.com

Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didampingi Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi membuka pertandingan Final Liga Desa 2017. Pertandingan ini mempertemukan Desa Pangulah Selatan, Kabupaten Karawang dan Desa Sukarame Kabupaten Tasikmalaya.

Kick Off yang dilakukan oleh Menteri Desa di Lapangan Sepakbola Purnawarman Purwakarta menandai dimulainya duel antar kedua kesebelasan itu pada Minggu (10/12/2017). Kick off ini juga sekaligus menjadi tanda dimulai bagi kompetisi Liga Desa 2018 mendatang. 

Menteri Desa Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa Liga Desa merupakan salah satu program dari Kementerian yang dia pimpin. Program ini bertujuan dalam rangka menciptakan pemberdayaan masyarakat desa melalui cabang olahraga yang digemari di seluruh dunia tersebut. 

“Ini salah satu program dari Kemendes PDTT dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa,” ucapnya di lokasi kegiatan. 

Selain itu, Menteri Eko juga menekankan pembangunan kultur olahraga di setiap desa yang ada di Indonesia. Saat kultur sudah terbentuk, kata Eko, pihaknya akan segera mengefektifkan program desa dengan fasilitas olahraga lengkap.

“Liga Desa 2017 ini merupakan percontohan untuk menyalurkan potensi sepakbola di tengah masyarakat. Tahun 2018 kita gelar dengan skala yang lebih besar, ditambah dengan program desa dengan fasilitas olahraga,” katanya.

Sebanyak 270 desa dalam cakupan wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten diketahui menjadi Peserta Liga Desa 2017. Kategori yang dikompetisikan sendiri dalam cakupan umur 19 – 22 Tahun. Untuk Tahun 2018, Kemendes PDTT menyebut sudah ada 19 Provinsi di Indonesia yang akan turut ambil bagian.

Dalam pertandingan final tersebut, Desa Sukarame berhasil menghentikan perlawanan Desa Pangulah Selatan dengar skor tipis 1 – 0. Karenanya, Desa Sukarame ditetapkan sebagai Juara Liga Desa 2017.

ASAD Jaya Perkasa Jadi Contoh

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan Tim ASAD Jaya Perkasa merupakan salah  satu potensi sepakbola yang berhasil dikembangkan di Purwakarta. Sebagaimana diketahui, ASAD sendiri merupakan singkatan dari Asli Sepakbola Anak Desa.

“Desa itu selalu menyimpan banyak potensi, sepakbola diantaranya saja. Kita sama dengan Pak Menteri yang mencari bibit sampai ke pelosok desa, ASAD Jaya Perkasa itu isinya anak desa semua,” tutur Dedi.

Sebelum menghadiri Final Liga Desa 2017, dua menteri tersebut diketahui meresmikan kolam renang indoor milik Pemkab Purwakarta, masih di kawasan yang sama.(rls)

klik disini

IMG 20180718 WA0016

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)