Foto : Buka Rakernas Korpri, Presiden Pesan Desainlah APBN/APBD Yang Simpel

JAKARTA, headlinejabar.com

Presiden Jokowi membuka peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri) tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Presiden meminta agar tak membuat desain yang sulit dan tak banyak program (26/02).

Dalam acara itu, Jokowi memberi pesan khusus kepada seluruh anggota Korpri yang terlibat dalam penyusunan APBN atau APBD. Jokowi minta agar APBN atau APBD disederhanakan. Selain itu, APBN atau APBD diharapkan bisa lebih dirasakan oleh rakyat melalui program-program yang tepat sasaran.

"Jadi kalau mendesain APBN/APBD, desainlah se-simpel mungkin, sesederhana mungkin tidak usah banyak-banyak program, enggak usah," kata Presiden.

"Program itu sedikit (lebih) fokus, konsentrasi, sasarannya jelas, tepat, gampang kontrolnya, gampang mengeceknya, hasilnya dirasakan oleh rakyat. Goalnya ke sana. Semua harus memulai ini," lanjutnnya.

Lebih jauh Presiden berpesan soal pentingnya prioritas dalam pemberian anggaran di tiap program. Ia mencontohkan, dari program-program yang ada di 15 seksi, tidak harus semuanya dimasukkan anggaran.

"Misal ada seksi 15, tidak apa-apa yang diberi 5 dulu, mungkin tahun depan gantian yang lima lagi. Tapi ada konsentrasi, betul ke mana arah kita, ke mana tujuan kita di mana skala prioritas kita. Arah-arah seperti itu harus kita ubah," ungkapnya. (yus/eka)

Terpopuler