Foto : JK Berharap Dana Desa Bisa Membuat Pendapatan Warga Desa Lebih Baik

JAKARTA, headlinejabar.com

Wakil Presiden HM Jusuf Kalla mengungkapkan terkait Dana Desa,dalam acara Rakor Nasional dan Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Hotel Sultan, Jakarta (14/11).

JK menyebut saat ini banyak warga desa yang mencari peruntungan ke kota seperti masuk ke sektor industri untuk mencari penghasilan lebih baik.

"Dengan upah minimum sekarang ini, regional, maka pendapatan buruh akan lebih besar daripada pendapatan petani. Selama pendapatan masyarakat itu lebih rendah dibanding daripada UMR maka akan terjadi urbanisasi sehingga desa sepi," ujar JK.

"Banyak desa sekarang menagalami seperti itu, akhirnya timbul lah suatu kekurangan tenaga kerja seperti negara-negara lain," ucapnya.

JK kemudian mencontohkan penghasilan di beberapa daerah seperti Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

"Upah minimum hampir mendekati Rp 4 juta, (ada yang) Rp 3,8 juta, Rp 3,9 juta perbulan," ujarnya.

Pemerintah sendiri membuat program dana desa agar dimanfaatkan oleh warga untuk meningkatkan produktivitasnya. Hal tersebut bisa melalui pembangunan infrastruktur hingga digunakan untuk membeli bibit tanaman unggul yang bernilai tinggi seperti kopi, coklat, hingga buah-buahan.

"Dana desa dapat dipakai untuk membeli bibit yang baik, dibagi kepada masyarakat bibit-bibit unggul untuk buah-buahan, kopi, coklat, dan sebagainya pendapatan masyarakat lebih baik daripada dewasa ini agar mereka tidak meninggalkan pedesaan menuju perkotaan," papar JK.

JK berharap dana desa bisa membuat pendapatan warga di desa menjadi naik. Selain itu juga bisa menjaga keseimbangan warga di desa. (yus/eka)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)