Foto : Usai Mudik Anies Minta Disdukcapil Data Warga yang Masuk ke Jakarta.

JAKARTA, headlinejabar.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mendata warga luar Jakarta yang masuk ke ibu kota setelah libur lebaran. Persoalan kependudukan bakal muncul pasca lebaran, tak jarang warga yang mudik membawa tambahan rombongan balik ke Jakarta.

"Jadi, sesudah nanti pulang arus balik, kita pastikan bahwa ada pendataan yang benar. Ikuti aturan yang ada," jelas Anies saat menghadiri Apel Kesiapan Arus Mudik dan Arus Balik 2018 di Terminal Terpadu, Pulogebang, Jakarta Timur, kemarin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) agar mengantisipasi arus urbanisasi pasca Lebaran 2018.

Anies tak mempermasalahkan warga dari daerah yang ingin mengadu nasib ke Jakarta. Akan tetapi mereka wajib mengikuti aturan yang ada di Jakarta.

Pemprov DKI sangat menghargai hak setiap warga negara untuk mendapatkan pekerjaan di manapun, termasuk di Jakarta. Tapi tentu saja ada aturannya.

"Yang penting adalah ketentuan hukum, ketentuan aturan di pencatatan sipil itu ditaati dan kita intensifkan juga selama musim mudik ini,"pungkasnya.

Anies kembali meminta Disdukcapil agar bersiap mengantisipasi pendataan dan pembinaan kepada pendatang baru ke Ibu Kota, guna melengkapi persyaratan-persyaratan kependudukan. 

"Pastikan semua peraturan perundangan di bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil disosialisasikan dengan baik. Jangan lewatkan koordinasi dengan SKPD yang terkait, dan tegakkan semua peraturan daerah tanpa pandang bulu," tandasnya kepada wartawan.

REPORTER : YUSUF STEFANUS
EDITOR : DICKY ZULKIFLY

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)