Foto : Satgassus Covid-19 Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejanar.com

Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat hingga Rabu (25/3/2020) terdapat penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Namun untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya berkurang.

"Hari ini, terdapat 41 ODP dan 9 PDP di wilayah Kabupaten Purwakarta. Terdapat jumlah penurunan pasien dalam pengawasan, 1 orang statusnya sudah selesai," kata Sekda Purwakarta, Iyus Permana, Rabu (25/3).

Menurutnya, terdapat penambahan 10 ODP dari 31 menjadi 41, dari 10 penambahan ODP tersebut 8 di antaranya adalah orang yang hadir pada Musda HIPMI di Karawang.

"Kami telah memantau dan mencatat alamat lengkap kedelapan orang tersebut dan berstatus ODP, dan kini mereka tengah melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata Ketua Satgassus Covid-19 Purwakarta itu.

Kemudian untuk PDP hari ini berkurang satu, kemarin 10 hari ini menjadi 9 orang. Sebelumnya yang 1 orang ini dirawat di ruang isolasi.

"Kini sudah agak baikan dan pindah perawatan dan selesai status PDP-nya," kata Iyus.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan beberapa langkah satgas dalam hal penanggulangan Covid-19 di Purwakarta.

Diantaranya, ada agenda penyemprotan jalan protokol yang akan dilakukan oleh Kodim 0619 bersama Polres yang akan melibatkan masing-masing 100 personel, selama tiga hari ke depan, dimulai besok, Kamis 26 Maret 2020.

"Saya sampaikan juga ada perintah dari Bupati Purwakarta khusus untuk Kepala DLH kaitan dengan pekerjaaan persampahan agar lebih ditingkatkan lagi kebersihan lingkungannya," tuturnya.

Sementara itu, berkaitan dengan penuhnya ruang isolasi RSBA, Pemkab Purwakarta juga tengah melakukan kerjasama dengan 5 rumah sakit swasta di Purwakarta diantaranya; RS Siloam, Thamrin, Amira, Bakti Husada dan Ramahadi.

"Jika terdapat PDP lagi dan tidak tertampung di RSBA, bisa dirawat di kelima rumah sakit tersebut," ujar Iyus.

Sementara, sejumlah hal menjadi catatan Satgas Covid-19 Purwakarta diantaranya; saat ini Purwakarta relatif aman, belum masuk zona merah maupun menjadi daerah transmisi lokal Covid-19.

Hal-hal lainnya dilakukan untuk menjaga teritorial Purwakarta agar tetap kondusif dengan cara, pertama; penertiban cafe di sepanjang jalur Cimaung-Munjul oleh Polres Purwakarta. Kedua desinfeksi areal public oleh OPD di lingkungan Pemkab Puwakarta secara simultan.

Selanjutnya, meningkatan kesiapsiagaan Covid-19 sampai level terbawah dengan membentuk posko di setiap RW dan Posko kesiapsiagaan Covid-19 di Sadang, Ciganea, Cikopo, Cibatu, dan Pasar Jumat.

"Otoritas juga terus melakukan penekanan kembali kepada masyarakat agar mematuhi setiap himbauan yang disampaikan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan peran masyarakat juga sangat besar dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah ini," demikian Iyus Permana.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)