PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten Purwakarta kembali merilis informasi terbaru penanganan pencegahan Covid-19 di Purwakarta.

Menurut Sekda dan Ketua tim Satgas Covid-19 Purwakarta Iyus Permana, saat ini, Purwakarta masih relatif aman, dan belum termasuk kedalam zona merah maupun transmisi lokal Covid-19.

"Saat ini Purwakarta masih relatif aman, dan tidak termasuk ke dalam transmisi lokal Covid-19," Ujarnya, Selasa (24/03/2020).

Meski begitu, ia mengatakan, ada peningkatan 1 ODP, dan 3 orang untuk kriteria PDP. Dan, tidak ada penambahan untuk jumlah pasien positif Covid-19 di Purwakarta.

"Ada peningkatan 1 ODP, dari 30 menjadi 31 orang, sementara itu, untuk PDP ada penurunan 1 orang dari sebelumnya 8 menjadi 7 orang, kemudian meningkat 3 orang. Jadi untuk jumlah PDP saat ini kenjadi 10 orang," Jelasnya.

Untuk menyiasati pencegahan penanganan awal dipelosok wilayah di Purwakarta. Ia beserta tim satgas Covid-19 Purwakarta, membentuk posko di tiap rw se Kabupaten Purwakarta.

"Nantinya, ketua posko tersebut adalah ketua rw setempat, dibantu oleh rt dan bidan atau perawat yang berada di wilayahnya, baik itu untuk sosialisasi maupun penanganan awal," ucapnya.

Nantinya, untuk prosedur penanganan awal para petugas posko akan diberikan perlengkapan, anti septik dan lainnya.

"Nanti petugas posko akan diberikan handsanitizer dan thermo gun untuk penanganannya. Kemudian nantinya, jika ada yang dicurigai atau mengalami gejala covid-19, ketua posko akan menghubungi call center 112 atau tim satgas untuk penanganan lankutan," jelas Iyus.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)