Foto : Masyarakat Purwakarta Galang Dana Peduli Maluku

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.8 melanda wilayah Maluku pada 26 September 2019 telah berdampak bagi kehidupan warga masyarakat setempat. Ratusan ribu masyarakat pun terpaksa harus mengungsi karena kehilangan harta benda akibat rusaknya rumah mereka.

Terbeban dengan kondisi warga di pengungsian, masyarakat Purwakarta dalam waktu dekat akan menggelar aksi turun ke jalan untuk membantu saudara sebangsa di Pulau Ambon.

"Saudara sebangsa setanah air kita, di Maluku masih dalam keadaan nelangsa, mulai dari balita hingga manula tinggal & hidup jauh dari kenyamanan atau kelayakan akibat dampak Gempa yang berkelanjutan," ujar Aa Komara Cakradiparta, Koordinator Kegiatan.

Isu Kemanusiaan ini ternyata mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat baik dari unsur Komunitas, non Komunitas, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, Ormas, LSM dan berbagai komponen masyarakat lainnya sepakat untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam Aksi Kemanusiaan yang dinamai "PURWAKARTA untuk MALUKU".

"Inilah yang bisa dipersembahkan masyarakat Purwakarta untuk membantu meringankan beban derita saudara sebangsa di Maluku" kata Aa Komara Cakradiparta.

Senada dengan Aa, Ketua GIBAS Purwakarta, Hari Kristiawan, merasa terpanggil untuk memberikan bantuan ke masyarakat terdampak gempa Maluku.

"Kami GIBAS siap mendukung, menyambut baik dan merasa bangga semua elemen masyarakat Purwakarta masih memiliki jiwa solidaritas & nasionalisme yang tinggi, terbukti masih peduli terhadap nasib saudara sebangsa se tanah air yg terkena bencana gempa di Maluku. Kegiatan ini senafas dengan Spirit GIBAS," jelas Hari Kristiawan.

Aksi Kolaborasi Kemanusiaan ini mendapat dukungan dan respon positif dari para aktivis & media di Purwakarta. Sebanyak lebih dari 50 elemen dari beragam kelompok akan turut mensukseskan kegiatan Galang Dana untuk Maluku.

Diketahui aksi kolaborasi kemanusiaan ini yang akan digelar selama 2 hari yaitu pada hari Jum'at tanggal 25 Oktober 2019, bertempat di samping pos polisi Pasar Jum'at, dimulai dari pukul 14.30 dan puncaknya pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 bertempat di Area Wisata Kuliner, tepatnya di lokasi panggung kreativitas Gedung Kembar, ceplak Purwakarta, dimulai dari pukul 18.30 WIB.

"Sudah menjadi tugas bersama sebagai warga NKRI, untuk saling menolong sesama anak negeri, karena kita adalah satu kesatuan," ujar Ketua GMBI Purwakarta, Haji Selan, salah satu pendukung kegiatan Aksi Kolaborasi Kemanusiaan PURWAKARTA untuk MALUKU ini.

Mengenai teknis penyaluran hasil donasi tersebut, pihak panitia bekerjasama dengan pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap), sebuah lembaga penyaluran donasi & organisasi relawan yang kredibel serta telah teruji, baik untuk penugasan di dalam negeri maupun internasional.(rls)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)