Foto : Komisi I DPRD Purwakarta sidak lokasi kerusakan rumah dan sekolah di Kampung Cihandeuleum Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Rabu (9/10/2019).

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) lokasi kerusakan rumah dan sekolah akibat dihujani batu di Kampung Cihandeuleum Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Rabu (9/10/2019).

Hujan batu diduga disebabkan oleh aktivitas peledakan dari perusahaan tambang batu PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Purwakarta Ceceng Abdul Qodir mengatakan, PT MSS dipandang telah lalai sampai mengakibatkan kerugian materil di pihak warga.

"Sudah seharusnya PT MSS harus membayar ganti rugi rumah warga yang rusak. Selain rumah warga ada dampak psikis terhadap warga atas kejadian itu. Syukur tidak ada korban jiwa. Tapi ini sangat berbahaya," ujar Ceceng.

Semestinya, perusahan jika hendak melakukan pemblastingan (peledakan) diteliti dulu dampaknya.

"Agar tidak merugikan warga. Karena warga itu sudah tiap hari dirugikan. Mulai kebisingan dan jalan rusak yang sampai saat ini belum diperbaiki," katanya.

Melalui sidak, Komisi I DPRD Purwakarta mendesak PT MSS untuk menyelesaikan kewajibannya terhadap warga.

"Jangan sampai peristiwa semacam ini terulang kembali, yang tentu bisa mengakibatkan korban jiwa," demikian Ceceng.(dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)