Foto : Wabup Purwakarta Aming cukup berani dan sempat menaruhkan keselamatan bahkan nyawanya.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Naik hingga ketinggian 40 meter di atas tower operator seluler Wakil Bupati Purwakarta H Aming melakukan negosiasi dengan warga yang diduga hendak melakukan percobaan bunuh diri.

Aksi heroik Aming akhirnya dapat membujuk pelaku yang membawa anaknya itu agar membatalkan niatnya untuk mencelakai diri. Aming cukup berani dan sempat menaruhkan keselamatan bahkan nyawanya.

Aksi yang bikin heboh warga itu terjadi di Kampung Cikuda Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu, Purwakarta, Selasa (12/3/2019).

Setelah hampir 30 menit kemudian, pelaku yang diduga ingin mengakhiri hidupnya karena depresi itu akhirnya berhasil turun setelah dibujuk oleh Wakil Bupati Purwakarta, Aming dan Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius yang berada di lokasi kejadian.

Aming Sedang Hadiri Resepsi Pernikahan Warga

Dengan cekatan Wakil Bupati Purwakarta, Aming menaiki tower dengan memanfaatkan rangka besi tower, hingga berhasil membujuk pelaku untuk turun bersama anaknya tersebut.

Diketahui, keberadaan Aming, bertepatan ketika menghadiri undangan acara di Desa Cipinang yang tidak jauh dari lokasi kejadian, akan tetapi dirinya mendapatkan laporan adanya aksi nekat yang dilakukan warganya sehingga berinisiatif untuk ikut membujuk warganya yang hendak bunuh diri.

"Pas hadiri acara rame warga katanya ada yang mau bunuh diri jadi inisiatif langsung kesana bantu negosiasi agar pelaku ini untuk segera turun," ujar Aming.

Menurutnya, pelaku IS mengatakan kepadanya bahwa hal tersebut dilakukannya karena pelaku IS tidak mau diceraikan oleh istrinya, bahkan untuk membujuk pelaku Aming pun sengaja meminta istrinya untuk berteriak dari bawah membantu menenangkan pelaku.

"Dia mengaku tidak mau diceraikan istrinya, bisa jadi depresi maka saya juga bersama warga dan petugas untuk membujuk bahkan istrinya saya minta juga untuk membantu membujuk IS ini," kata Aming.

Sementara, Kapolsek Cibatu AKP Ali Murtado dalam keterangannya mengatakan, kejadian terjadi di Kampung Cikuda Desa Karyamekar. Dengan menggendong putrinya yang masih balita, pelaku IS (35) naik tower operator seluler, diduga mencoba bunuh diri.

"Pelaku warga Kampung Cipinang Karya, Desa Cipinang, diduga depresi karena putri pertamanya meninggal dunia dan istrinya minta cerai," kata Kapolsek.

Beruntung, tak lama kemudian, pelaku dan putrinya, berhasil diturunkan dengan bantuan pihak Damkar Purwakarta dan negosiasi Wakil Bupati Purwakarta, Aming. Selanjutnya dibawa ke Puskesmas Cibatu untuk dilakukan perawatan.(rls/dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)