Foto : Pemkab Purwakarta Terus Dorong Pelayanan Berbasis Aplikasi

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemkab Purwakarta terus melakukan upaya peningkatkan pelayanan kepada masyarakat, diantaranya dengan mendorong beberapa OPD untuk memanfaatkan aplikasi yang sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah.

"Kita terus dorong agar beberapa OPD untuk berakselerasi dalam memanfaatkan aplikasi yang sudah dibangun terutama dalam hal pelayanan," ungkap Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Diskominfo Purwakarta, Yus Rusli, Di Kantor Aptika, Purwakarta, Jumat (11/1/2019).

Akselerasi tersebut menurut Yus, karena Pemerintah Daerah sudah membuat banyak aplikasi yang sangat efektif dalam membantu pelayanan apalagi untuk tingkat Kabupaten bisa dikatakan Purwakarta terdepan.

"Lebih bagus kan banyak aplikasi tapi efektif dipakai dalam segi peningkatan pelayanan, dari pada satu apliaksi tetapi tidak efektif, apalagi Purwakarta bisa dikatakan termasuk kabupaten terdepan untuk hal ini," ujar dia.

Sehingga menurutnya, fokusnya di 2019 selain mendorong OPD, juga melakukan sosialisasi aplikasi yang sudah dibangun untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, diantaranya Ogan lopian, Call Center, Sampurasun Anne dan lainnya.

"Untuk sekarang kita fokuskan sosialisasi agar masyarakat tahu bahwa pemerintah memiliki aplikasi yang bisa membantu dan dimanfaatkan terutama dari segi pelayanan, termasuk mendorong aktifitas dan produktifitas masyarakat," ungkapnya.

Khusus untuk Call Center dan Ogan, Yus pun menjelaskan bahwa aplikasi berbasis pelaporan terus mendapatkan respon serta dimanfaatkan oleh masyarakat.

Terbukti banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebut, dengan jumlah terbanyak adalah permintaan ambulance on call.

"Masyarakat sudah banyak memanfaatkan, untuk call center 112 data permohonan layanan adalah permohonan ambulance on call, kedepan aplikasi seperti ini bisa menjadi budaya masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," pungkasnya. (rls/eka)

Terpopuler