Foto : Purwakarta Akan Punya Perpustakaan Digital

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta sedang merampungkan konsep perpustakaan digital. Perpustakaan digital tersebut merupakan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi berbasis apliksi.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta Nina Meinawati mengatakan, kedepannya perpustakaan digital tersebut berbasis online mulai dari pendaftaran serta peminjaman buku.

"berbentuk aplikasi, perpustakaan yang tidak harus pinjam ke perpus daerah secara langsung, tinggal download aplikasi seperti i-pusnas, nanti pendaftaran online, hanya menggunakan ktp," terang dia kepada wartawan.

Ia juga mengatakan, untuk buku dengan berbasis online tersebut baru ada 600 judul dengan kurang lebih 3000 eksamplar dari berbagai kategori.

"rencananya akhir tahun beres untuk pembuatan gedung baru serta penataan perpustakaan digital. Dengan isinya, kalau untuk launching tahun depan. karena penataan untuk ke tempat baru perlu proses, sekitar januari februari," papar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih terus menggalakan pojok baca yang berada di salah satu swalayan yang ada di purwakarta.

"pojok baca masih tetap berjalan, kemairn kita juga ada bimbingan teknis tentang mendongeng, dalam rangka menarik minat baca masyarakat tetap dilakukan," pungkasnya.

Perihal besaran anggaran untuk pembuatan perpustakaan digital tersebut pihaknya belum bisa membuka secara detail. (lan/eka)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)