Foto: Warga Gelar Bakti Sosial Normalisasi Irigasi Di Pabuaran Subang

SUBANG, headlinejabar.com'

Puluhan warga diterjunkan ke lokasi pesawahan mereka melakukan bakti sosial untuk normalisasi irigasi yang sudah dangkal di Dusun Pabuaran, Desa/Kecamatan Pabuaran, Subang, Jumat (19/10/2018).

Selokan yang panjangnya sekitar 300 meter dan lebar sekitar 50 sentimeter itu kondisinya sudah dangkal membuat saluran air dari perkampungan didaerah itu tersumbat.

"Untuk memperlancar dan menormalisasi selokan itu diterjunkan sebanyak 20 Orang mereka disebar kesejumlah titik untuk membabat ilalang dan mengeruk tanah yang dangkal," kata Salah seorang warga, Oha kepada HEADLINEJABAR.com.

Dia mengatakan, dalam aksinya mereka menggunakan perkakas pertanian seperti cangkul, parang dan golok dalam waktu singkat selokan yang dangkal itu sudah dapat dibenahi.

"Kita berharap kepada warga jangan buang sampah sembarang tempat agar aliran air di selokan lancar, katanya.

Sementara itu, Warga lainnya, Endang mengatakan, selokan ini kondisinya sudah dangkal disaat musim hujan biasanya selokan ini tak dapat menampung debit air sehingga kerap masuk kepermukiman warga.

"Agar permukiman warga aman dari terjangan air dilakukan bakti sosial mengeruk selokan yang dangkal," kara Warga Endang.

Ia mengatakan, sejauh ini para petani maupun warga di daerah ini masih tinggi jiwa sosialnya mereka tanpa dikomando ketika melihat ada warga melakukan bakti sosial mereka pun langsung turut serta.

"Dengan waktu yang singkat selokan yang panjangnya sekitar 300 meter tuntas dilakukan normalisasi dengan cara manual dan menggunakan alat seadanya," pungkasnya. (san/eka)

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)