Foto : IstPurwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Camat Kota Purwakarta Yuddy Herdiana menilai kebersihan di wilayahnya masih dalam keadaan baik dan terjaga. Menyusul kritikan bupati dan wakil bupati terpilih Anne Ratna Mustika dan Aming yang memandang Purwakarta mulai semrawut.

"Kondisi kebersihan di kota masih dalam kategori wajar. Disebut kotor, tidak. Disebut bersih, masih ada bebedapa tempat yang harus dibersihkan," kata camat siang tadi.

Kondisi cuaca di musim kemarau menjadi alasan banyaknya sampah dedaunan di jalanan dan taman kota. Kesadaran masyarakat urban permukiman saat ini mulai menurun.

"Tiap minggon kami sering sosialisasikan pentingnya kebersihan. Bahkan program arisan gotong royong sampai saat ini masih kami pertahankan," jelas Yuddy.

Jika dibandingkan antara permukiman, jalanan dan taman kota, kekotoran lingkungan masih didominasi penduduk permukiman. Hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas tempat penampungan sampah sementara.

"Kalau di permukiman kan tanggung jawab warga masing-masing," terang dia.

Yuddy melihat adanya perubahan penempatan petugas kebersihan di taman dan jalan kota jadi akibat sampah telat dibersihkan.

"Di tempat-tempat rertentu mungkin semisal di permukinan kesadaran warganya menurun. Tapi untuk di tempat pemerintahan saya kira masih ada petugas yang membersihkan," tutup dia.(dik)

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)