Foto : Wabup Purwakarta Resmikan Pasar Desa Kertamanah Sukasari

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Wakil Bupati Purwakarta H Aming, meresmikan pasar desa di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Senin (17/12/2018). Aming berharap pasar desa ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wabup juga berharap pelayanan pasar ditingkatkan. Tidak hanya masyarakat Kertamanah saja yang merasakan manfaat pasar desa ini, melainkan masyarakat dari luar desa.

"Saya sangat apresiasi terhadap pembangunan pasar desa ini yang dilakukan oleh Kepala Desa Kertamanah. Ini merupakan bagian dari solusi untuk pemberdayaan masyarakat desa terutama di bidang perekonomian masyarakat," kata Wabup Aming.

Di pasar inilah produk-produk unggulan masyarakat bisa diperjualbelikan. "Sehingga perputaran ekonomi di desa berjalan baik," kata dia.

Camat Sukasari Jaya Pranolo mengatakan, pasar desa tersebut memiliki sebanyak delapan unit ruko. Pasar Desa Kertamanah ini merupakan pasar desa pertama yang diresmikan dan menggunakan dana desa dan bantuan provinsi Jawa Barat tahun 2018.

”Kami berusaha untuk terus mendukung pertumbahan ekonomi masyarakat desa, salah satunya dengan pembangunan dan peningkatan pasar desa ini. Kami berharap aktivitas ekonomi masyarakat desa akan semakin lancar dan meningkat,” kata Jaya.

Pembangunan pasar desa sebagai bentuk realisasi aspirasi masyarakat.
"Pembangunan pasar desa di Desa Kertamanah ini menjadi pilot project untuk pengembangan ekonomi kemasyarakatan yang dibiayai oleh dana desa dan dana provinsi Jawa Barat," kata Jaya.

Jaya menyenut jika pasar desa ini merupakan yang pertama di Purwakarta. Jaya berahap semua desa yang ada di Kecamatan Sukasari, maupun luar Sukasari dapat membuat gebrakan yang sama.

"Perputaran uang dan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik. Saya berharap pengelolaan pasar desa ini dilakukan oleh badan usaha milik desa (Bumdes) dan dapat dilaksanakan secara profesional. Karena tidak hanya dari sewa yang akan diberikan tapi juga dari sisi bisnis lainnya. Sehingga kini bisa menjadi kontribusi bagi pendapatan Desa Kertamanah," ujar Jaya.(dik/eka)

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)