Foto : DPRD Apresiasi Kehadiran Perpustakaan Digital di Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta mengapresiasi berdirinya Gedung Perpustakaan Digital Kabupaten Purwakarta, yang belum lama diresmikan oleh Bupati Anne Ratna Mustika.   

Wakil Ketua Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat HD Komarudin Noor SAg, jajaran Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta Januari lalu. Selain  melakukan koordinasi juga menggali informasi sejauh mana peningkatan pelayanan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kami juga mendapat reformasi, setelah digabungkannya Dinas Kearsipan dengan Perpustakaan, regulasi mengenai pelayanannya tetap dipisahkan masing-masing bidang. Dan tahun 2020 Raperda Perpustakaan dan Kearsipan akan masuk Prolegda tahun 2020," jelasnya.

Komarudin menerangkan, saat ini dinas terkait berhasil membangun Gedung Perpustakaan sendiri di atas tanah sekuas sekitar 500 m, terletak di belakang Gedung Diorama Nusantara, Jl. KK Singawinata.

"Fasilitasnya sungguh luar biasa. Di sana disediakan buku-buku digital sebanyak 3600 e-book, juga tetap menyediakan buku-buku konvensional. Selain itu juga terdapat ruang baca anak, ruang baca remaja, dan ruang baca umum. Bahkan di sana juga disediakan ruang fasilitas ruang internet," jelasnya.

Diterangkannya, Perpustakaan Digital ini sebelumnya diinisiasi oleh Bupati Purwakarta  periode 2013-2018 dan mulai dibuka untuk umum awal tahun 2019.

"Perpustakaan ini mampu meningkatkan minat literasi mayarakat, karena bisa diakses dengan muda," jelasnya.

Seraya berharap semoga perpustakaan ini akan mampu menjadi pelengkap kebutuhan edukasi dan literasi masyarakat.

Adapun susunan Komisi IV DPRD Kabupaten Purwakarta adalah Wakil Ketua H.Komarudin Noor, S.Ag, dan anggota-anggotanya adalah Hj. Enah Rohanah, Sutisna, SH, MH, Dini Yuliani, Alaikassalam, SH.I, Darmita, Isep Saprudin Yahya, SH, MM, Asep Chandra, Ragil Sukamto.(adv/dik)

Terpopuler