Foto : Disporaparbud Kabupaten Purwakarta terus menata potensi destinasi wisata baru.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta terus menata potensi destinasi wisata baru. Penataan dilakukan guna mengembangkan industri pariwisata agar mudah diakses dan memiliki keindahan dari segi karakter lokal.

Diketahui, Purwakarta memiliki banyak lokasi eksotis.‎ Tak hanya di pusat kota, potensi wisata itu tersebar hingga pelosok desa. Sejauh ini dinas terkait tengah menginventarisir keberadaan potensi wisata itu, untuk kemudian secepatnya dibakukan menjadi destinasi wisata baru.

Kepala Bidang Pariwisata pada Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mengembangkan seluruh potensi pariwisata yang ada. Saat ini, di wilayahnya sudah banyak pilihan lokasi wisata yang bisa dikunjungi.

"Potensi pariwisata di Purwakarta cukup melimpah. Kami akan terus kembangkan, supaya bisa jadi magnet bagi wisatawan," ujar Heri, Selasa (27/2/2018).

Heri mendata, saat ini destinasi wisata di Purwakarta mencapai 45 lokasi yang tersebar di hampir seluruh kecamatan. Dengan kata lain, ada penambahan sebanyak 13 lokasi dibanding dua tahun sebelumnya.

"‎Di 2015 lalu, destinasi wisata yang ada hanya 32 lokasi. Setiap tahun ada penambahan. Sampai saat ini sudah ada 45 lokasi wisata. Kebanyakan wisata alam, dan selebihnya kuliner dan wisata religi," kata dia.

rps20170217 130933

Foto : Disporaparbud Kabupaten Purwakarta terus menata potensi destinasi wisata baru.

Dengan banyaknya tepat wisata primadona ini, pihaknya memprediksi jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat lagi. Tahun ini, target kunjungan yang ditetapkan dinasnya sekitar 2,5 juta pengunjung. Namun, pihaknya memprediksi realisasi jumlah kunjungan ini akan kembali melebihi target yang telah ditentukan itu.

"Dengan banyaknya lokasi wisata, kami optimistis jumlah kunjungan akan kembali melebihi target, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya," jelas dia.

Di 2017 lalu, target ekspektasi kunjungan dari dinasnya mencapai 1 juta pengunjung. Tapi, pada kenyataannya jumlah pengunjung ke Purwakarta, justru tercatat berada di angka 2 juta.

"Penyumbang kunjungan terbanyak, itu Taman Sri Baduga. Hampir setiap akhir pekan, ada sekitar 30 ribu orang yang berkunjung ke lokasi wisata ini. Belum yang ke lokasi wisata lainnya," terang dia.

Dengan terus meningkatnya jumlah pengunjung ke Purwakarta, menurut dia lagi, akan membuat roda perekonomian masyarakat semakin berputar cepat. Dengan kata lain, kondisi ini akan membuat perputaran uang lebih masif dan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Purwakarta.

"Dengan banyaknya pengunjung ke Purwakarta, maka akan melahirkan ekonomi kreatif di masyarakat," pungkasnya

EDITOR : DICKY ZULKIFLY

klik disini

IMG 20180718 WA0016

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)