Cicipi Indahnya Wisata Body Rafting Sungai Cikondang di Wanayasa Purwakarta

Foto : Wisata body rafting, dengan menyusuri arus sungai yang menegangkan, sebari menikmati pemandangan area pesawahan dan hutan.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Kini, bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Purwakarta sekaligus menguji adrenalin bisa menjajal menyusuri sungai Cikondang. Adalah Wisata body rafting, dengan menyusuri arus sungai yang menegangkan, sebari menikmati pemandangan area pesawahan dan hutan.

Sungai Cikondang yang terletak di Kampung Tanjak Nangsi, Desa Raharja, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, merupakan tempat wisata hasil pengembangan pemuda karang taruna setempat.

Potensi wanawisata alam Sungai Cikondang kini kian hari kian populer. Apalagi setelah banyak wisatawan yang berkunjung dan mengunggah wisata Sungai Cikondang tersebut ke media sosial.

"Saya tau tempat ini dari medsos, ternyata tempatnya bagus, masih sejuk juga," ungkap Wijaya, pengunjung asal Cikampek, kepada headlinejabar.com, Rabu (6/12/2017).

Foto : Wisata body rafting, dengan menyusuri arus sungai yang menegangkan, sebari menikmati pemandangan area pesawahan dan hutan.

Rute menuju Sungai Cikondang, dari Situ Wanayasa setelah tanjakan (jembatan) belok kiri. Kemudian, terus lurus sampai mentok, di sana ada Saung Gede tempat permulaan Body Rafting.

Keindahan Sungai Cikondang menyajikan air deras kehijauan dengan latar bebatuan alam dan pepohonan di sekitarnya. Di antara derasnya air sungai dan bebatuan terjal sungai ini pun tertutup rumpun bambu yang berada di sampingnya.

Daya tarik sungai Cikondang juga terdapat pada tebing batu yang mengelilinginya, dengan beberapa sumber mata air alami yang bisa langsung diminum yang muncul dari sela-sela tebing batu tersebut.

"Wah seru sekali, selain bisa menghilangkan stres, bisa juga meningkatkan adrenalin kita," lanjut Wijaya.

Menurut Uus, salah satu perintis wisata Sungai Cikondang ini mengatakan, awal mula perintisan dimulai pada bulan September 2016 lalu. Uus beserta perintis lainnya sengaja memanfaatkan derasnya Sungai yang nampal masih asri.

Foto : Wisata body rafting, dengan menyusuri arus sungai yang menegangkan, sebari menikmati pemandangan area pesawahan dan hutan.

Untuk bermain Body Rafting di Sungai Cikondang tersedia dalam dua paket yang dikemas berdasarkan tingkat adrenalin dan jarak.

"Funtrip, dengan jarak kurang lebih 2 kilometer, ditempuh dalam 2 jam, dan long trip dikemas dengan jarak kurang lebih 5 kilometer serta jarak tempuh sekitat 3 jam," lanjut Uus.

Menurut data yang diterima, untuk bisa menikmati Body Rafting, pengunjung cukup membayar biaya Rp 60 ribu per orang yang sudah termasuk perlengkapan body rafting (helm, safety jacket, dan ban), dan jasa guide. Tersedia juga cemilan tradisional, dan nasi liwet.

Kampung Tanjak Nangsi sendiri berada sekitar 500 meter dari Situ Wanayasa. Penamaan Sungai Cikondang, konon karena dahulu di pinggir sungai tersebut terdapat pohon kondang (ficus variegate) yang berkhasiat sebagai obat diare dan eksim. Namun, kini pohon kondang sudah jarang ditemukan ditempat tersebut.

REPORTER : AGA GUSTIANA

EDITOR : DICKY ZULKIFLY