Foto : Julukan Blue River itu sangat beralasan, karena pada waktu tertentu air sungai ini terlihat kebiruan dan terkadang terlihat kehijauan.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Blue River, salah satu wisata alam air di Purwakarta ini. Kesejukan udara pegunungan, gemericik suara air, dan rimbunnya pepohonan nan hijau membawa ketenangan saat rekreasi.

Adalah Sungai Cidomas. Julukan Blue River itu sangat beralasan, karena pada waktu tertentu air sungai ini terlihat kebiruan dan terkadang terlihat kehijauan.

Terletak di kaki Gunung Burangrang, puluhan mata air mengalirkan air jernih setta bebatuan besar berada di pinggiran Sungai Cidomas. Cocok bagi pengujung yang ingin berkumpul dengan keluarga sambil menjernihkan pikiran setelah satu tahun lamanya penat dengan aktivitas.

Sungai Cidomas terletak di Kampung Babakan, Desa Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat wisata alam ini sendiri berlokasi di perbatasan Purwakarta-Subang. Untuk menuju Sungai Cidomas, pengunjung bisa menikmati sajian perkebunan teh serta pala.

Walaupun Cidomas belum setenar wisata air yang berada di wilayah Purwakarta dan Subang seperti Situ Wanayasa, Curug Cipurut, Curug Cijalu, Curug Cileat dan Curug Capolaga, tetapi Sungai Cidomas memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung yang sudah merasakan keindahan sungai yang jernih ini.

"Bener Blue Rivernya Purwakarta yah, selain sungainya yang jernih, alamnya pun masih asri, ini rekomended banget buat masyarakat yang ingin berlibur bersama keluarga," ungkap Rani, warga asal Bandung, kepada Headlinejabar.com.

Sungai ini bisa untuk berenang bagi anak-anak dan dewasa, karena kedalamannya berpariasi, dari kedalaman 10 cm sampai kedalaman dua meter.

Foto : Julukan Blue River itu sangat beralasan, karena pada waktu tertentu air sungai ini terlihat kebiruan dan terkadang terlihat kehijauan.

"Meskipun jaraknya lumayan, tapi setelah sampai rasa lelah pun hilang. Enak banget deh pokoknya," lanjut Rani.

Rute ke Sungai Cidomas

Jalur rute ke sungai cidomas, dari jalur wanayasa ambil arah ke Subang - Pondok Pesantren Islamic Centre Garokgek (ICG) - jalan menurun - pertigaan ambil belok kiri (Gapura Kahuripan) dan jangan ambil kanan arah Subang - terus ke arah pertigaan - lurus ada pangkalan ojek tepat - ambil kanan pertigaan jalan - ikuti petunjuk di plang "Wana Wisata Cidomas" dan berjalan menuju ke Sungai Cidomas.

Untuk memasuki kawasan wana wisata Cidomas pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja untuk parkir kendaraan biasanya pengunjung harus membayar biaya penitipan.

Fasilitas di Sungai Cidomas

Sementara fasilitas yang ada di sana baru ada warung kecil saja yag menjual mie instant, kopi, dan makanan kecil lain. Namun ada juga yang menyediakan pemesanan liwet apabila ingin makan botram (rame-rame), biaya sekitar Rp 100 ribu.

Adapun bila setelah renang bingung ganti baju dimana, bilik untuk ganti baju belum ada. Untuk itu, direkomendasikan memakai baju renang dari rumah. Untuk ganti baju setelah berenang bisa dilakukan dengan ikut ganti baju di rumah warga, dengan lama tempuh sekitar 10 menit dari sungai. Jadi sebaiknya, beri sedikit tanda terima kasih buat warga.

REPORTER : AGA GUSTIANA

EDITOR : DICKY ZULKILFY

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)