Purwakarta Punya Wisata Puncak, Cekidot Giri Tirta Kahuripan

Foto : Kolam renang milik Tirta Kahuripan dijuluki dengan kolam 'renang di atas langit'.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Siapa sangka jika Kabupaten Purwakarta tak memiliki kasasan puncak seperti halnya Kabupaten Bogor dan Cianjur. Wilayah yang memiliki spot ketinggian cukup, dan memiliki suhu dinginlumayan, terletak di Kecamatan Wanayasa.

Kebanyakan destinasi yang ditawarkan di Wanayasa berupa wisata dan wahana air. Mulai Situ Wanayasa, Curug Cipurut sampai wahana air Giri Tirta Kahuripan. Nama terakhir disebut yangakan dibahas kali ini.

Wisata air Giri Tirta Kahuripan didesain begitu cantik, dan instagramable. Berkat lokasinya yang berada di ketinggian, kolam renang milik Tirta Kahuripan dijuluki dengan kolam 'renang di atas langit'.

Nama lengkapnya Sky Pool Giri Tirta Wanayasa. Kolam renang ini berada di ketinggian 500 mdpl, wisatawan bisa bersantai di bangku-bangku resort sambil menikmati minuman hangat atau minuman dingin di pinggir kolam.

Sky pool Giri Tirta Kahuripan Purwakarta memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Mulai dari kedalaman 60 sentimeter, 120 sentimeter hingga yang paling dalam 230 sentimeter.

Foto : Kolam renang milik Tirta Kahuripan dijuluki dengan kolam 'renang di atas langit'.

Kolam khusus untuk anak-anak dibatasi dengan pagar di dalam kolam sehingga lebih aman dan terjaga saat anak-anak bermain. Terdapat tali-tali pengaman yang memisahkan dan membedakanketinggian kolam.

"Walaupun sering bolak-balik ke Purwakarta tetapi tidak menyangka kalau Purwakarta memiliki spot yang menarik bahkan bisa disejajarkan dengan puncak yang ada di Bogor. Memang bukandi pusat kotanya tetapi masih masuk wilayah Purwakarta. Sangat menyenangkan," kata Cica Amalia (23) pengunjung Tirta Kahuripan, Selasa (28/11/2017).

Giri Tirta Kahuripan memang menjadi tujuan wisata baru dan menjadi tren di kalangan anak muda yang hobi selfie untuk diupload ke Instagram. Terutama karena memiliki kolam renang yang memiliki pemandangan yang indah seolah-olah berada di atas awan atau lebih dikenal Skypool.

Banyak alasan mengapa Giri Tirta Kahuripan disebut sebagai puncaknya Purwakarta. Mulai dari keberadaan kabut, kadar udara dingin, sampai dikelilingi perkebunan.

"Di sini setiap pagi dan sore hari masih sering diselimuti oleh kabut. Bahkan saat kami menginap di home stay yang ada di Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa kabut menyelimuti lokasi ini bahkan pandangan hanya sekitar 5 meter sehingga saat melihat home stay ke lapangan tidak terlihat," terang Cica.

Foto : Kolam renang milik Tirta Kahuripan dijuluki dengan kolam 'renang di atas langit'.

Udara di sekitar Giri Tirta Kahuripan pada malam hari cukup dingin, walaupun tidak sedingin di daerah Puncak Bogor tetapi mendekati  dinginnya di daerah Puncak. Sehingga bagi mereka yang berasal dari daerah panas seperti dari Jakarta atau kota lainnya akan merasakan kedinginan saat berada di daerah ini terutama pada malam hari.

"Kalau di Puncak Bogor terdapat perkebunan teh yang luas, tetapi di daerah ini terdapat lahan agrowisata yang sangat luas yakni sekitar 40 hektar. Di lokasi agrowisata terdapat banyak pepohonan dan buah-buahan seperti manggis, kelengkeng, matoa, durian dan lain-lain," papar Cica.

Ada kebun binatang mini yang bisa memanjakan si buah hati. Memang seolah tak mau kalau dengan di puncak Taman Safari, di Giri Tirta Kahuripan ada taman safari mini. Pengunjung Resort Giri Tirta Kahuripan selain bisa menikmati keindahan tumbuh-tumbuhan, juga bisa menikmati berbagai jenis binatang yang dikelola dengan baik oleh pengelola di tempat ini.

"Ada Siamang, buaya, rusa, burung, bahkan hingga ikan arapaima yang biasanya hidup di Sungai Amazon pun ada di tempat ini," papar dia.

Untuk mengelilingi tempat ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan oleh pengelola yang dipaket dengan tiket masuk agrowisata.

Akses jalan menuju lokasi agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan Purwakarta ini tidak terlalu sulit. Jaraknya sekitar 19 kilometer dari exit tol Jatiluhur.

EDITOR : DICKY ZULKIFLY

Video : Keelokan Wisata Malam Di Purwakarta


VIDEO TERBARU:

(Adv) Cianting Kembali Dipimpin Kades Abah Adang

Polling Pilkada Jabar 2018

Polling Pilkada Purwakarta 2018

Statistik Pengunjung

004792666
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Semuanya
6493
11140
6493
4792666

IP Anda: 54.242.205.33
+070012Minggu0012Asia/Jakarta